Wartawan Dilarang Meliput Acara Pengambilan Sumpah Pada Pelantikan Kades di Pakpak Bharat

164

Potret Indonesiaku.com.PAKPAK BHARAT ||| Sebanyak 9 Kepala Desa (Kades) terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pakpak Bharat Prov. Sumatera Utara masa jabatan 2019-2025 akhirnya dilantik, Senin (25/02).

Pelantikan dilakukan langsung oleh Pj Bupati Pakpak Bharat Dr. H. Asren Nasution, MA, di Balai sada Arih Setda Kabupaten Pakpak Bharat, dihadiri unsur Muspida, kepala SKPD, undangan serta ratusan Warga Pendukung Kepala desa Terpilih Desa majanggut 1 Kecamatan Kerajaan yang tidak ikut serta dilantik.

Sayangnya, prosesi pelantikan 9 Kades terpilih juga dikeluhkan oleh para awak media, yang dilarang melakukan peliputan pada acara tersebut.
“Kita tidak boleh masuk untuk meliput pelantikan, jangankan kita istri atau suami dari Para kepala desa Terpilih aja tidak dikasih masuk untuk mengikuti pengambilan sumpah, katanya acaranya tertutup” Kesal E.manik salah seorang jurnalis Cetak.

Menurut keterangan dari salah satu penjaga pintu ada perintah dari atasan bahwasanya wartawan tidak diperbolehkan masuk pada saat pengambilan sumpah para kepala Desa yang Akan dilantik.

Untuk itu, E. Manik dan sejumlah awak media lainnya, meminta Bupati mengevaluasi kinerja jajarannya. Itu mengingat peliputan merupakan tugas jurnalis yang diatur dalam Undang-undang, pelarangan peliputan juga dianggap akan berdampak kepada citra buruk Pemkab Pakpak Bharat.||| Reporter : Darianto Berutu

Editor : Zul