Upacara Ritual Menanda Tahun di Si Enem Kuta Si Sada Rube Diharapkan Dapat Dilestarikan

300

Potret Indonesiaku.com.PAKPAK BHARAT ||| Kegiatan Tahunan ini setiap tahunnya dilaksanakan di Delleng Simenoto letaknya tidak jauh dari tempat tinggal masyarakat si sada Rube Kecamatan PGGS Kabupaten Pakpak Bharat dan rutin dilakukan pada setiap bulan Februari dan pada Tahun 2019 ini kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu pagi hingga siang (23/02).

Upacara tersebut turut hadir sukut nitalun marga Manik,Kula-kula, Bere Beru, pemuka adat, Pemuka Agama, Camat PGGS Hanafi GP Padang SH, Utusan Dinas Pariwisata Pakpak Bharat, Kepala Desa Kecupak I, Kepala Desa Kecupak II serta Kepala Desa Simerpara , Serta Masyarakat yang sekitar +_ 500 orang.

Kegiatan Kerja baik Menanda Tahun adalah sebuah upacara tahunan yang selalu dilaksanakan masyarakat yang berada diwilayah sisada Rube yang mencakup tiga Desa Dan Enam lebuh (kampung) yakni Desa tersebut adalah Desa Kecupak I, Desa Kecupak II dan Desa Simerpara, serta enam lebuh (kampung) tersebut adalah Lebuh Sabah, Lebuh Delamdam, Lebuh Kuta Tengah, Lebuh Tuppak Beak, Lebuh Pulo Namuk dan Lebuh Simerpara. Wilayah sisada Rube tersebut di tinggali oleh mayoritas keturunan marga Manik yang masuk kedalam Suak Simsim dalam suku Pakpak, namun banyak pula marga-marga lain di wilayah ini selain dari marga Manik seperti Marga Berutu, Bancin, Boangmanalu, Tumagger, Padang, Solin yang biasanya dikategorikan sebagai kelompok Beru ataupun Kelompok Puang. Kegiatan Menanda Tahun ini dilakukan untuk menjaga tradisi leluhur selain itu juga melalui kegiatan tahunan ini masyarakat di Si Sada Rube bisa bertemu dan bersilaturahmi.

Kegiatan menanda Tahun tersebut bertujuan untuk mengetahui apa saja yang baik akan dilakukan dan apa saja yang tidak perlu dilakukan oleh masyarakat di wilayah tersebut, melalui Prosesi Ritual yang dibawakan oleh seorang Guru Sibaso (Pemimpin Upacara) bernama Tema Manik. Dengan menyembelih seekor ayam betina yang belum pernah bertelur, dari situlah Sibaso tersebut menerawang dan mengabarkan berita apa saja yang didapat dari ayam yang telah di sembelih tersebut meramal Situasi yang akan terjafi oada satu tahun berjalan nanti.
Terkusus pada kegiatan Tahun ini, setelah sibaso mengabarkan agar masyarkat petani harus menanam padi putih terlebih dahulu, dan tanaman buah dan sayuran ditahun ini juga jauh lebih baik dari sebelumnya, Selain itu hasil dari ramalan sibaso Harga jual Hasil Tani akan jauh lebih baik ditahun ini.||| Reporter : Darianto Berutu

Editor : Zul