Tim Ditres Narkoba Polda Sumut Ungkap Jaringan Aceh-Palembang,Sita 4 Kg Sabu dan 4 Warga Lampung, 1 Tewas Ditembak

207

PI NEWS.com.MEDAN ||| Tim Ditres Narkoba Polda Sumut mengungkap jaringan pengedar sabu yang kerap beraksi di wilayah Aceh-Palembang. Dalam pengungkapan ini, polisi menyita 4 kilogram sabu dan meringkus 4 warga Lampung yang merupakan anggota jaringan tersebut.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan 1 diantara 4 tersangka meninggal dunia karena terpaksa dilakukan tindakan tegas dan terukur karena melawan petugas saat akan di amankan.

“Ini sekaligus sebagai bentuk keseriusan Polda Sumut bahwa akan menindak tegas siapapun yg mencoba bermain – main dengan barang haram ini” ucap orang nomor satu di Polda Sumut dalam keterangan persnya di RS Bhayangkara Medan, Sabtu (18/4).

Dalam pelaksanaan release ini Kapolda Sumut memaparkan adanya modus baru peredaran narkotika guna mengelabui petugas. Modus itu yakni dengan mengganti bungkus narkotika yang biasa dengan teh hijau china kali ini menggunakan bungkus Kopi Gayo dari Aceh.

“Ke 4 Pelakunya adalah orang Lampung namun menjadi jaringan Aceh dan Palembang yang diduga barang ini berasal dari Malaysia,” ringkas Kapolda Sumut.

Kapolda menerangkan, para pelaku mengaku mengerjakan aksinya dengan mendapatkan upah sebesar Rp 25 juta per orang. “Upah ini akan di bayar oleh bos mereka yang merupakan tersangka yang sudah dilakukan tindakan tegas dan terukur oleh petugas,”pungkas Martuani.

Adapun Pasal yang akan dipersangkakan kepada para pelaku adalah pasal 114 ayat 2 subs pasal 112 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 UU RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan penjara paling ringan 6 tahun dan penjara paling lama 20 tahun.||| Damos Simatupang

Editor : Zul/hms