“Siapkan Siswa-Wi berKeterampilan dan Berkarakter Baik ,SMK N 1 Siantar Bentuk PPKS / BKK,,

121

potret Indonesia news.com Simalungun (20/10/200).

Untuk memenuhi tuntutan Bursa Sistim pola kerja  dunia industri SMKN 1 Siantar yang berada di Jalan Asahan Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara mendirikan Pusat Pengembangan Karir Siswa (PPKS), atau Bursa Kerja Khusus(BKK).

Sebagai Kacabdis Siantar-Simalungun Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Darwin Erikson Purba S.Sos. M.Si dalam sambutanya mengatakan, SMK sebagai Sub Pendidikan Nasional yang bertanggung jawab dalam penyiapan SDM tingkat menengah yang handal, berorientasi kepada kebutuhan Pasar industri, harus mampu mengembangkan Inovasi untuk mempengaruhi perubahan pasar sehingga dapat meuwujudkan kepuasan Pencari kerja.

Sementara itu pada penjelasannya kepda awak media ,Kepala sekolah SMKN 1 Siantar, M Sharizal Damanik M.Pd, yang diwakili Humas SMKN 1 Joli Saltaro Saragih kepada awak media Senin (19/10/2020) menjelaskan kalau Kegiatan itu bertujuan agar siswa-siswi SMKN 1 Siantar bisa lebih siap masuk ke Dunia kerja baik dari segi keterampilan dan mentalnya ketika lulus nantinya, agar kelak siswa dapat bekerja  sesuai kebutuhan karena semua perusahaan yang sudah melakukan M.O.U dengan pihak sekolah.

” misalnyal PKL saja nanti akan kami arah kan ke perusahaan di atas sesuai dengan kejuruan masing-masing siswa/i. Agar dapat pembekalan ilmu dipraktek sesuai dengan jurusan mereka” ujarnya sembari menambahkan kalau pihak Sekolah menginginkan lulusan SMKN 1 Siantar mempunyai Karakter yang baik, Prestasi yang baik agar bisa membawa nama baik SMKN 1 Siantar.

Joli juga mengatakan, kegiatan Workshop pengembangan PPKS/BKK juga  dihadiri Tim PPKS/BKK, SMKN 1 Siantar, juga dari sekolah Imbas antara lain SMK UISU. SMK Asisi, SMKN 1 Bandar Marsilam dan SMK Satribudi Karangrejo.

” Semoga dengan kepeminpinan Bapak M Sharizal Damanik M.Pd, sebagai kepala sekolah SMKN 1 Siantar semakin maju dan siap menghantarkan siswa/i pada bursa kerja dan dunia industri ” Harap Joli mengakhiri penjelasannya.

Semoga dengan adanya pembentukan PPKS ataupun BKK ini diharapkan para siswa dapat lebih tekun lagi belajar dan berpraktek kerja semakin meningkat guna pengembangan kecerdasan siswa tersebut nantinya.(Rey / Biro Siantar)