Satu Bulan Sudah HUT RI ke 74 Selesai Digelar, Purna Paskibraka Kecamatan PGGS Tak Kunjung Terima Piagam Penghargaan

778

PI NEWS.com.PAKPAK BHARAT ||| Kurang lebih Satu Bulan penuh HUT RI ke 74 Tahun 2019 telah selesai diselenggarakan Namun Hingga Saat ini Purna Paskibraka Tingkat kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut Kabupaten Pakpak Bharat Tidak menerima Piagam penghargaan (sertifikat) sebagai Purna Paskibraka Tahun 2019 dari Panitia HUT RI Ke -74 Tingkat Kecamatan.

Peringatan kemerdekaan Indonesia merupakan wujud syukur masyarakat sekaligus perayaan atas keberhasilan para pejuang Indonesia yang berhasil merebut kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, berbagai perayaan dilaksanakan dari tingkat Desa hingga tingkat Nasional. Salah satu aspek yang tidak dapat dipisahkan dari perayaan tersebut adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas langsung untuk mengibarkan dan menurunkan Bendera Merah Putih dalam upacara resmi.

Dengan tugas yang diemban sebagai Anggota Paskibraka, sudah selayaknya Purna Paskibraka menerima Piagam Penghargaan karena telah melaksanakan tugasnya secara baik dan total, sejak masa latihan, Pengibaran hingga penurunan Bendera pada Puncak HUT 17 Agustus. Namun tidak demikian yang terjadi pada Petugas Upacara Bendera di Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut (PGGS). hal ini dikeluhkan oleh Deddy Sitanggang selaku guru dan juga Pelatih Purna Paskibraka Kecamatan PGGS.

“Saya sedih kali, anak didik kami latihan mati-matian, pengibaran bendera Pusaka juga sudah dilaksanakan dengan baik, tapi apa yang di dapat Peserta yang kami latih ini, Piagam pun nggak ada, cuma uang saku sedikit dari kecamatan. Padahal Piagam itu sangat penting, Apalagi nanti kalau Anak-anak ini ada niat mau melamar jadi TNI atau Polri. Saya udah di desak sama anak-anak terus nanya Kapan piagamnya dibagi ” Keluh Dedy.

Selain itu Dedy juga mengeluhkan Selama masa latihan Paskibraka HUT RI ke 74 yang lalu Pemerintah kecamatan juga tidak menanggung Biaya untuk pelatih dari pihak TNI atau Polri ” tahun ini juga Kegiatan latihan tidak ada dari TNI atau Kepolisian, Jadi yang melatih Paskibra Tahun ini Cuma dari kami Guru sekolah saja” terangnya.

Sementara itu Camat PGGS Hanafi Padang. SH saat di konfirmasi di ruang kerjanya pada Senin (16/9) membenarkan piagam Penghargaan Memang Belum diserahkan Kepada Para Purna Paskibraka Kecamatan PGGS. Ia menyebut piagam penghargaan tersebut akan di serahkan secepatnya ” sebenarnya kita mau berikan piagam penghargaan itu, tapi saat ini bendahara kita lagi sakit, kita akan serahkan piagam penghargaan itu minggu-minggu ini atau bulan ini” terang Hanafi.||| Darianto Berutu

Editor : Zul