“Sampah beserak disepanjang jalan desa medan Sinembah,masyarakat resah siapa pelakunya..?

168

Berita PI-News Deli Serdang .(28/6/19).

Pemerintah sangat serius mengatasi masalah sampah dengan segala cara guna mengtisipasi penyakit yang timbul dan joroknya lintasan jalan yang mana sampah bertumpuk serta berserakan dijalan dapat menjadi Bibit penyakit dan membuat warga disekitar tumpukan sampah tersebut mengeluh kesal.

Hal ini nyata terlihat jelas adanya beberapa tumpukan sampah yang berserakan disepanjang jalan limtasan warga dari dan menuju Medan- tanjung morawa melalui jalan kayu besar tanjung morawa tepatnya dijalan lintasan didesa medan sinembah tepatnya diseberang Tembok luar kantor Telkom.

Pada Saat Awak media PI-News memantau dilokasi tumpukan sampah tersebut tampak wanita muda sambil menaiki sepeda mototnya santai melemparkan sampahnya yang diduga berasal dari rumahnya sendiri.
“kak kok dibuang ke TPA sampahnya” Tanyak Awak media dengan lembut.

Wanita yang sudah berpakaian dinas kerja kantor ini menjawab dengan lembut “Aduh Bang dikitnya sampah kami,,inipun dari rumahnya Bang yang lain juga pada buang sampah disini Bang,,^Jawanya dengan jujur.

Disekitar lokasi tumpukan sampah awak media bertemu dengan salah satu warga peladang didekat lokasi tersebut dan menyampaikan keluhannya .
“Sudah capek kami melarang orang- orang yang lewat membuang sampah sembarangan disini Bang,ada yang naik kereta naik mobil juga malah ada yang bawak becak.barang membuang sampahnya yang entah dari mana disini..”Jelas pak Nt yg tak mau namanya disebutkan dengan jelas sebab takut dibilang sok Pahlawan ama warga lainnya.

Saat dikomfirmasi via Hp/WA Kepala Desa Medan Sinembah H.Azrai Sulaiman juga menyesalkan perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja membuang sampah diberam jalan lintasan itu tanpa merasa bersalah pada dirinya sendiri.

“Aah sudah capek kita Bang menegur bahkan menindak sipembuang sampah disitu untuk mengutip semua sampah yang berserakan di tempat itu namun tak jerah juga Bang..”jelas Azrai dengan tegas..

Ditanyak hal langkah selanjutnya Pak Kades yang dikenal.Sebagai sosok pemimpin yang lembut itu menjawab.

“”Apa lagilah mau dibuat Bang,Himbauan sudah kita lakukan,Plank larangan buang sampah kita pasang bahkan tindakan sudah kita buat bagi para pelanggar, namun kesadaranlah yang masih minim dan ada pulak masyarakat yang keberatan dengan tindakan tegas kita jadi repotlah Bang..Ya semogalah Masyarakat yang melintas itu Bertobat dan sadar akan kebersihan Bang.”Pungkas Kades Medan Sinembah yang Ramah ini dengan nada kesal.

Harapan warga disekitar tumpukan sampah juga sama dengan harapan kepala desanya yakni masyarakatlah yang perlu bertobat dan memahami betul resiko banyaknya sampah yang bertumpukan dan menimbulkan pencemaran lingkungan dan menjadi sumber penyakit semoga orang yang melintasi jalan medan sinembah dapat sadar dan mengerti dalam menjaga kesehatan lingkungan.(dms).
ket photo : Sampah yang bertumpuk diberam jalan medan Sinembah walau Plank larangan tegak berdiri.