Reses Pertama Masa Sidang 2019-2020 Maraden Sinaga Langsung Tancap Gas

187

PI NEWS.com.SIMALUNGUN ||| Maraden Sinaga Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Simalungun untuk pertama kalinya melaksanakan reses sejak terpilih dan dilantik menjadi anggota DPRD Simalugun masa bhakti 2019-2024 dalam reses perdana dihadiri ratusan orang dan menampung semua aspirasi masyarakat. “Kita langsung tancap gas” Ujar Maraden.

Reses tersebut dilaksanakan di Kelurahan Girsang I, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat lalu sekitar pukul 13:15 Wib.

Kegiatan ini dihadiri Camat Girsang Sipangan Bolon Eva Suriati Tambunan, Lurah se-Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, dan Pangulu (Kepala Desa) Se-kecamatan Girsip serta tokoh masyarakat, dan sejumlah tokoh Pemuda.

Usai mendengar dan melakukan tanya jawab Maraden mengatakan, bahwa reses merupakan salah satu pintu masuk bagi setiap warga untuk mengusulkan berbagai pembangunan di desa masing-masing, Kemudian usulan yang berhasil dihimpun melalui reses tersebut akan diparipurnakan bersama anggota Dewan lainnya untuk sampaikan kepada pemerintah Kabupaten agar dijadikan program prioritas pada tahun yang akan datang

Maraden menyebutkan, ada banyak masukan dan harapan yang disampaikan warga untuk diperjuangkan terkait pembangunan. Misalnya pembuatan drainase, irigasi sawah, dan perbaikan jalan

“Reses ini juga merupakan kewajiban bagi setiap anggota DPRD dan setiap empat bulan sekali, anggota Dewan akan turun ke Dapil masing-masing untuk bertemu konstituen untuk menjaring informasi dan menghimpun usulan- usulan dari warga dan Usulan yangg berhasil dihimpun melalui reses akan menjadi pokok pikiran anggota dewan yang akan diusulkan sebagai skala prioritas” katanya mengawali sambutan.

Menurutnya, guna memulai perencanaan anggaran, kran-kran aspirasi dari masyarakat harus dibuka seluas-luasnya, seperti musyawarah rencana pembangunan (Musrembang). Sama halnya dengan reses, yang notabene pintu masuk perencanaan anggaran pemerintah daerah.

“Dengan keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), reses diharapkan mampu mengakomodasi usulan masyarakat agar menjadi skala prioritas pembangunan di setiap daerah, termasuk di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon,” Kata Maraden Sinaga.

*Reses Pertama Masa Sidang 2019-2020

Selain Menyerap Aspirasi Masyarakat Kecamatan Girsang Sip Bolon yang berjalan dengan baik beberapa catatan yang dinotebookkan oleh Maraden dianyaranya:

Usulan dari Kelurahan Girsang
-Pengaspalan jln lingkar (ring road) Girsang
-Tali air simangarambang.

Kelurahan Parapat:

-Perbaikan/pembuatan parit dr gg istimewa(slamat datang) sampai ke jembatan terminal
-Perbaikan jln simp aurora sampai ke jln pendidikan (sma)
-Perbaikan Jalan Gotong Royong
Jln Sm Raja
-Perbaikan parit di depan dan dibelakanh jln sm raja, Sering banjir kiriman dr anggarajim
-Lampu jalan
-Pdam Agar meningkatkan mutu pelayanan & online

Kelurahan Tiga raja:
-Masalah lampu hias Di Siburak2
-Event dr pemerintah agar melibatkan masy lokal serta event dr masy lokal menjadi agenda tetap
Kp.kristen
-Perbaikan trotoar
-Lampu Penerangan Umum

Dari Nagori Sipangan Bolon Mekar:
-Dusun 2, sidasuhut perbaikan parit pasar (jln kab.)
-Pembuatan Gapura
-Penerangan jalan /pln

Sipangan Bolon Induk:
-Perbaikan/pengaspalan TPA
-Pembuangan sampah mengganggu tali air yg ada di bawah nya..
-Penanganan hama/monyet

Nagori Sibaganding:
-Perbaikan/pembesaran parit dari patra jasa sampai ke panatapan.
-Dusun 3, pencaplokan tanah adat oleh kehutanan (melalui sk 579)
-Penyediaan traktor ke kel tani
-Rumah ibadah yg berada di lahan kehutanan
-Realisasi TORA

Lalu ada dari Kelompok Tani:
-Pupuk Bersubsidi Langka
-Bantuan Bibit Pertanian & Alat2 Pertanian

Karang Taruna
-Sarana Olah Raga (Gor)
-Blanko E Ktp yg lagi kosong
-Pemberdayaan SDM Pemuda.||| JESS

Editor : Zul