Rencana Pilkades Ajibata Tobasa “Terancam Batal Atau Diundi Ulang”

1813

PI-News.com.AJIBATA TOBASA ||| Sehubungan dengan adanya Peraturan Bupati (Perbup) Tobasa dalam Pasal 25 berbunyi bilamana Calin Kepala Desa lebih dari 5 (lima) orang, maka PPKD melakukan seleksi dengan menggunakan kriteria: Usia lebih tua, jenjang pendidikan tertinggi, pengalaman kerja bidang pemerintahan desa, akibatnya dua orang kontestan yaang bakal bertarung di Pilkades Ajibata 5 Desember mendatang oleh PPD mengagalkan DUa kandidat lainnya,dan akhirnya menuntut kejelasan PPKD dan melaporkan persoalan ini kepada Komisi A DPRD Tobasa, Rabu (23/10/2019).

Benar,kami melakukan monitoring terkait keputusan tersebut dan sehubungan dengan itu, Komisi A DPRD Kabupaten Toba Samosir akan melaksanakan evaluasi Tahapan yang dilaksanakan oleh P2KD di Kecamatan Ajibata, selanjutnya akan kami laporkan kepada pimpinan DPRD Tobasa untuk ditindak lanjuti, Ujar Afron Sirait, selaku Tim Monitoring dri Komisi A DPRD Tobasa, usai melakukan rapat dengar pendapat bersama PPKD dan pihak Kecamatan di Kantor Camat Ajibata.

Sementara itu salah seorang warga M Sirait (50) di Terminal Ajibata menyampaikan pendapatnya “Bisa saja Pilkades Ajibata, Kecamatan Ajibata Tobasa ini dibatalkan atau ditunda dulu, dikarenakan riak-riak sejak pencalonan dan seleksi adminsitrasi para bakal calon Kepala Desa dan anehnya adapula peserta (calon kades) kelengkapan berkasnya masih kurang dan mendaftar saat enjurytime (detuk-detik terakhir) tetap diterima PPKD, Ujar Sirait.

Dua kandidat Calon Kepala Desa yang gagal karena telah melebihi kuota peserta diantaranya Rasson Gurning dan Irwan Sirait, kedua calon ini dinyakan gugur dalam oenetapan PPKD hanya gara-gara melebihi kuota peserta, dimana dalam peraturan itu disebut maksimal 5 kandidat/calon, sementara Irwan Sandi Sirait (35) terimbas karena usianya lebih muda diantara peserta kompetitor lainnya.

Irwan Sandi Sirait (35) memprotes Tim Penjaringan Kepala Desa Pardamean Ajibata, “Saya gagal mendaftar sebagai calon kepala desa karena dituding tidak memenuhi syarat oleh P2KD Desa Pardamean Ajibata mengambil kepututan, kalau usia tertua menjadi penentu dan mereka tidak menghiraukan pendidikan tertinggi serta pengalaman di bidang Pemerintahan, Saya merasa diperlakukan tidak adil karena calon kepala desa dengan usia tertua yang mereka utamakan” Kata Irwan.

Untuk itu, Saya meminta kebijaksanaan dari Bupati Toba Samosir, Ir Darwin Siagian, karena syarat usia tertua yang dinyatakan P2KD menjadi penghalang bagi kaum muda untuk ikut pada kontestan Pilkades, sedangkan Menteri Kabinet Presiden Jokowi banyak diisi usia muda, kenapa di Tobasa ini kok seperti itu, Ketusnya seraya meminta penjelasan secara resmi dari Bupati Toba Samosir, terkait Perbup Pasal 27 Ayat 1 itu.

Bila memang ada tujuh orang yang mendendaftar untuk ikut di Pilkades Pardamean Ajibata, sebaiknya diseleksi aja melalui tes tertulis dengan menggandeng tim independen. Bukan berdasarkan umur, katanya Irwan.
Menanggapi surat keberatan Irwan Sirait kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) terkait pembatalan dirinya sebagai salahbsatu kandidat calon kades, P2KD Pardamean Ajibata membalas dengan surat nomor: 13/Pan.Pilkades/DPA/X/2019 berisikan jawaban surat sanggahan.

Selanjutnya berbunyi untuk menindaklanjuti surat saudara tanggal 21 Oktober 2019 perilhal pelaksanaan Pilkades Desa Pardamean Ajibata dan penentuan/Penetapan Calen Kepala Desa pardamean Ajibata.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas kami Panitia Permilihan kepala Desa pardamean
Ajibata memberikan tanggapan sebagai berikut:

1.Jumlah bakal calon kepala Desa sejumlah 7 (tujuh) orang.
2 Untuk penentuan penetapan calon kepala desa PPKD Desa pardamean Ajibata
mengacu pada Peraturan Bupati Toba Samosir No. 36 Tahun 2015 pasal 27 ayat 1
sebagai berikut:
a. Usia tertua
b. Jenjang pendidikan teertinggi
c. Pengalaman kerja dibidang pemerintahan.
d. Apabila kriteria sebagaimana dimaksud pada huruf a, huruf b, huruf c, sama, maka bakal calon ditetapkan dengan cara undi oleh PPKD.
3. Mengingat jumlah Bakal calon Kepala Desa masih 7 (tujuh) orang perlu ditetapkan
menjadi 5 (lima ) orang maka penetapan calon kepala Desa PPKD menetapkan seleksi calon, yang pertama dilaksanakan adalah kriteria huruf a, pasal 27 Perbu No. 36 Tahun 2019
4. Setelah melaksanakan seleksi dengan kriteria huruf a, pasal 27 ayat 1Perbup No. 36 Tahun 2019 di tetapkan 5 (lima ) calan menjadi Calon kepala Desa pardamean
Ajibata.
5. Apabila sanggahan dari sdr. IRWAN SANDRI SIRAIT dapat di loloskan di tingkat Kabupaten maka PPKD akan melaksanakan pengundian ulang nomor urut calon Kepala Desa Pardamean Ajibata.

Demikian jawaban surat sanggahan ini disampaikan, surat ini ditandatangani oleh Ketua PPKD Renghard Nadeak dengan membuat tembusan kepada Bupati Toba Samosir (sebagai laporan), kepada Kepala DPMDP-PA Kab. Toba Samosir dan kepada Camat Ajibata.|| JESHOTANG

Editor : Zul