Polda Sumut Ringkus 16 Pelaku Kasus Narkoba Jaringan Sindikat Internasional Seberat 14 kg

137

Potret Indonesiaku.com.MEDAN ||| Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) lagi-lagi berhasil meringkus 16 pelaku sindikat kasus narkoba jaringan Internasional, 2 (dua) diantara nya mendapat tindakan tegas dari petugas dan menghembuskan nafas terakhir.

Menurut penuturan Kapolda Sumut Irjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, SH., MH., Bahwa Kedua Warga Negara Asing (WNA) yang menghembuskan nafas terkhir itu, masing-masing WNA dari Malaysia dengan inisial KPP, satu laginya WNA India dengan inisial S”. tutur Kapoldasu Agus Andrianto.

Diketahui, selain dari pada kedua yang meninggal dunia itu yang mendapat tindakan tegas dari petugas, ada 2 orang lagi Warga Negara Indonesia (WNI) dengan inisial W dan A ditembak bagian kakinya, tindakan ini dilakukan karena mereka berusaha melarikan diri dan melawan petugas”.

Ujar Kapoldasu Agus Andrianto kepada wartawan dalam siaran Persnya di RS Bhayangkara Jl. Wahid Hasyim, Medan – Sumatera Utara, Senin (29/4/2019). Ke 16 pelaku dan ke 2 (dua) diantaranya yang meninggal dunia atas tindakan tegas dari petugas tersebut, Mereka merupakan jaringan internasional Myanmar, Srilangka, Malaysia, Indonesia( Sumatera Utara ), yang terdiri dari 7 (tujuh) Kasus Tindak Pidana Narkoba, dengan masing-masing Inisial, MRI Als R, AS Als A, LHG Als A, A, IB, Y Als S, M Als A, W, M Als M, FS, AM, IP, M dan I Als I.

Namum, Ke 14 orang pelakunya lagi yang masih punya kesempatan menghirup udara, sekarang diamankan di Mapolda Sumatera Utara.

Sedangkan yang meninggal dunia kini masih berada di Rumah Sakit Bhayangkara Jalan KH. Wahid Hasyim Medan”. Jelas Kapoldasu Agus Andrianto.

Direktur Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol. Hendrik Marpaung, menambahkan;”untuk bukti dalam kasus Narkoba ini kami telah berhasil mengamankannya dari tangan pelaku yang berhasil ditangkap oleh unit/ Subdit Res Narkoba Polda Sumut yaitu; Unit 3 Subdit 1 berhasil menangkap 1 KgUnit 1 Subdit 2 berhasil menangkap 2 KgUnit 4 Subdit 2 berhasil menangkap 2 KgUnit 2 Subdit 1 berhasil menangkap 2 KgUnit 4 Subdit 1 berhasil menangkap 1 KgUnit 2 Subdit 2 berhasil menangkap 5 KgUnit 4 Subdit 1 berhasil menangkap 1 Kg. Dengan jumlah total = 14 Kg Narkoba jenis sabu”. Sebut Dirresnarkoba Kombes Pol. Hendrik Marpaung.

Masih kata Dirresnarkoba, Kombes Pol. Hendrik mengatakan, semua pelaku yang berhasil tangkapan bersama barang bukti tersebut, itu berawal dari informasi/hasil laporan dari masyarakat”. Kata Dirresnarkoba Kombes Pol. Hendrik.
Kemudian, kembali lagi Kapolda Sumut Agus Andrianto menyampaikan, bahwa ancaman Tindak Pidana Narkotika tentang kasus ini dapat dijerat dengan Pasal 114 Ayat (2) dan atau Pasal 112 Ayat (2) Jo. Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika,

Ancaman hukuman Pidananya dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau paling singkat penjara 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp 10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah). (UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika),

Dengan mengamankan 14 kg Sabu dan pelaku Narkoba ini, telah menyelamatkan anak bangsa sebanyak 140.000 ribu orang dengan asumsi 1 gram shabu untuk 10 orang pengguna”. Pungkas Kapoldasu Agus Andrianto.||| Benni Simamora

Editor : Zul