Pj.Bupati Tinjau Puskesmas Salak

164

Potret Indonesiaku.co,.PAKPAK BHARAT |||Rasa kepedulian yang tinggi akan pelayanan publik yang prima tampak saat Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA, meninjau Puskesmas Salak, dengan didampingi Ka. Bagian Bangekos Setda, Iwan Taruna Berutu, ST, M.Si, pada Rabu pagi (13/02), yang disambut dengan baik oleh Ka. Puskesmas, dr. Elpina Siska Sitepu, beserta jajarannya.

Pj. Bupati tampak mengagumi sekaligus mengapresiasi fasilitas Puskesmas yang ada bahkan tergolong modern. “Ini sudah kelas nasional dan masyarakat sudah harus dapat memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan Puskesmas”, ucapnya seraya mengeksplorasi beberapa inovasi yang disediakan oleh Puskesmas Salak, seperti rekam medik pasien yang dikenal dengan nama WD-RYB, proses jemput bola untuk menangani pasien, baik yang ingin melahirkan melalui inovasi Silotus ataupun pasien suspect penyakit tertentu.

“Pada intinya kita tidak ingin masyarakat sakit, dan solusi sudah disiapkan oleh Puskesmas untuk mengantisipasi semuanya dengan mendatangi masyarakat yang ada di wilayah kerjanya. Salut untuk jajaran Puskesmas Salak karena menyiapkan kreasi yang menarik ini ditambah dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai penunjangnya serta beragam fasilitas di Puskesmas yang sudah elektrik dan tidak manual lagi”, tambah Pj. Bupati.

Ka. Puskesmas menyebutkan bahwa tindakan mendatangi rumah-rumah warga adalah sebagai jawaban akan keengganan masyarakat mendatangi fasilitas kesehatan yang ada. “Mungkin karena tidak sempat atau segan akan penyakit yang diidapnya”, jelas dr. Elpina. Jajaran Puskesmas Salak juga kerap melakukan penyuluhan, termasuk ke sekolah-sekolah, semisal tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), larangan merokok dan sebagainya.

Pj. Bupati menyambut baik hal tersebut dan menegaskan bahwa sesungguhnya kesehatan itu mahal sehingga beragam tindakan preventif menghindari beragam penyakit patut ditingkatkan. “Hidup sehat itu butuh proses”, tambahnya.

Sembari berkeliling menyaksikan fasilitas yang ada, Pj. Bupati meminta agar pihak Puskesmas mampu merawat serta memelihara fasilitas yang tersedia. Beliau juga menegaskan bahwa kampanye kesehatan jangan hanya tergantung kepada peran pemerintah saja. “Layak kiranya kita melibatkan tokoh-tokoh masyarakat serta pemuka agama untuk memberi pencerahan pada masyarakat tentang pentingnya kesehatan itu sendiri serta tindakan yang harus dilakukan seiring dengan program yang ada”, tandasnya. Tak lupa Pj. Bupati menanyakan tentang beragam kebutuhan lainnya yang akan mendukung kerja-kerja di Puskesmas ini seperti, personil, sarana dan prasarana.||| Reporter : Darianto Berutu

Editor : Zul