Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke-73, 6 Napi Rutan Rimo Bunga Narpidana Dapat Remisi Bebas

178

Potret Indonesiaku | DAIRI///Sebanyak 6 Narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Rimo Bunga, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi dapat remisi bebas di Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-73.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Rutan, Jhonny H Gultom kepada wartawan, Jumat (17/8) usai upacara pemberian remisi di lokasi Rutan. Disebutkannya, 6 orang yang mendapat remisi bebas, yakni narpidanan yang terjerat kasus narkotika dan tipikor.

“Selain memberikan remisi bebas, sebanyak 192 orang narapidana juga mendapat resmisi pengurangan hukuman, ada yang 3 bulan, 5 bulan dan 6 bulan.Untuk mereka yang mendapatkan remisi merupakan narapidana yang berkelakuan baik selama menjalani hukuman.”ucap Johnny.
Ditambahkannya, jumlah narapidana penghuni di Rutan kelas II B saat ini, sebanyak 525 orang. Dengan jumlah tersebut Rutan ini mengalami over kapasitas, seharusnya daya tampungnya hanya 255 orang narapidana.

“Saat ini jumlah penghuni rutan melebihi kapasitas, layaknya jumlah narapidana yang ditampung di Rutan Kelas II B ini sebanyak 255 orang,”ungkap Johnny.

Sementara Wakil Bupati Dairi, Irwansyah Pasi, menyampaikan pemberian remisi sebagai motivasi bagi narapidana untuk berbuat baik. Diharapkan selesai menjalani hukuman dapat ditemima di masyarakat di tempat tinggalnya masing-masing.

“Jadi, walau dirampas hak kemerdekaan para narapidana, saya harap agar tetap semangat karena hukuman ini bersifat sementara,”terangnya.
Pantauan wartawan, kegiatan Hut RI di Rutan Kelas II B di isi dengan kegiatan tari-tarian dan nyayi-nyayian oleh para narapidana penghuni Rutan.///Junitha Sihombing

Editor : Zul