Pengurus DPK Bakornas GMDM Dairi Dan Pakpak Bharat Dikukuhkan

161

Potret Indonesiaku.com.DAIRI|||Untuk mencegah penyalagunaan narkotika di kalangan masyarakat dan anak-anak sekolah, Ketua Badan Kooordinasi Nasional (Bakornas) Garda Mencegah Dan Mengobati (GMDM) Provinsi Sumut, Setya Mawengkang melantik kepengurusan DPK GMDM untuk wilayah Kab. Dairi dan Pakpak Bharat.

Acara pelantikan dilaksanakan di gedung Pesada jalan Empat Lima, Sidikalang, Kab. Dairi, Jumat (30/11). Disaksikan Danramil 02/Sidikalang Kap Inf T. Aritonang, Kepala Rutan Kelas II B Sidikalang Jhonny Gultom, Kasad Narkoba Polres Dairi AKP Robinson Ginting dan tamu undangan lainnya.

Selain melakukan pelantikan, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan kegiatan sosialisasi tentang bahaya narkoba yang diikuti perwakilan pelajar dari, SMA Nasional Sidikalang, SMKN 1, SMAN 1, Masyarakat Gereja Babtis Kampung Karo Sidikalang, Mahasiswa Sekolah Tinggi Theologia Oukumene Injil (STTOi) Sidikalang.

Adapun pengurus DPK Bakornas GMDM Dairi yang dilantik, yakni Ketua T. Sihombing, Seketaris Marolop Sitanggang dan Bendahara N. Panjaitan. Sedangkan untuk pengurus DPK Bakornas GMDM Pakpak Bharat, Ketua Wastana Jan Prexear Sibarani, Seketaris Natalan Cibro dan Bendahara Bernadeta Saragih.

Ketua Bakornas GMDM Sumut, Satya Wawengkang mengatakan, kepada pengurus DPK GMDM yang baru dilantik harus bisa melaksanakan tugas melakukan pencegahan terhadap bahaya narkoba di kalangan masyarakat dan pelajar.

“Dalam hal ini, kita hanya sebatas melakukan pencegahan terhadap peredaran dan penyalagunaan narkoba, baik itu dimasyarakat, sekolah maupun di kampus-kampus dan Gereja,”kata Satya.

Sekarang ini Indonesia sudah darurat narkoba, karena tukang sayur dan anak-anak sudah mengenal narkoba. Saat ini untuk menghancurkan suatu negara bukan dengan senjata, tetapi cukup dengan menggunakan narkoba. Dan saat ini narkoba sudah menyentuh ke lapisan masyarakat hingga paling bawah.

“Kita harus bekerjasama, baik dengan aparat pemerintah, TNI dan Polri agar dapat mencegah peredaran narkoba yang sekarang ini sangat memprihatinkan, di klangan masyarakat,”ungkapnya.

Menurut Satya, banyak masyarakat menggunakan, lem airbone, spidol dan tiner sebagai ganti narkoba. Dengan menghisap barang tersebut bisa merusak paru-paru dan kesehatan lainnya. Pintu masuk narkoba bisa dimulai dengan cara merokok.

“Untuk itu generasi muda perlu waspada dan harus berani katakan tidak pada narkoba. Jangan sekali-sekali menyentuh barang haram tersebut kalau tidak ingin mati sia-sia,”pungkasnya.

Sementara Kasat Narkoba Polres Dairi, AKP Robinson Ginting menyampaikan, rasa syukurnya atas pelantikan pengurus DPK GMDM Kab. Dairi dan Pakpak Bharat, karena ini sangat membantu tugas Polisi dalam mencegah dan memerangi narkoba.

“Saya berharap pelantikan ini bukan hanya sekedar retorika saja, tapi harus bisa melaksanakan tugas mencegah penyalagunaan narkotika di masyarakat maupun di sekolah-sekolah serta kampus. Mari kita berkoordinasi bagaimana melaksanakan pencegahan dan melakukan sosialisasi terhadap bahaya narkoba,”harapnya.|||Junitha

Editor : Zul