Pengamanan Pemilu 2019, Sekda Buka Kegiatan Pembinaan Dan Pemberdayaan Linmas

362

Potret Indonesiaku.com.PAKPAK BHARAT ||| Sebanyak 218 tenaga Satuan Perlindungan Masyarakat se-Kabupaten Pakpak Bharat dari 52 Desa mengikuti Kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan terkait pengamanan Pemilu Serentak 2019, pada Kamis (4/4) di Bale Sada Arih, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak.

Kegiatan Pembinaan dibuka Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA diwakili Sekretaris Daerah, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si serta dihadiri langsung Ka. SatPol PP Pakpak Bharat, Kastro Manik, S.Sos., Ketua KPUD Pakpak Bharat, Basra Munthe., dengan menghadirkan narasumber dari SatPol PP Sumatera Utara yakni Kabid Perlindungan Masyarakat, Hendri Sitompul, M.Si.

Sekda dalam arahannya mengatakan, bahwa Pemilu serentak 2019 merupakan salah satu momen yang sangat krusial bagi negara secara khusus Kabupaten Pakpak Bharat. Untuk itu ia mengharapkan melalui pembinaan ini personil Linmas yang hadir dapat mengurangi dan memperkecil terjadinya kecurangan pemilu, serta yang utama ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat yang menyangkut kegiatan sosial kemasyarakatan. “Dan yang paling utama di Hari H.” Jelas Sekda.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kastro Manik, S.Sos dalam arahannya menuturkan, pluralisme etnis, politikk, ekonomi, sosial dan budaya menyebabkan terjadinya perbedaan kepentingan antara individu dengan kelompok ataupun antara kelompok dengan lain yang terkontamintasi kerawanan yang mengganggu keamanan, ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. “Dengan terlaksananya kegiatan ini saya yakin dan percaya, bahwa anggota Linmas telah memahami dan mengimplementasikan hasil dari pelatihan ini dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan di TPS,” kata Kastro.

Untuk itu, Kastro berharap Dengan digelarnya acara tersebut linmas di lapangan berperan aktif dalam melakukan upaya kesiagaan dan peringatan dini terhadap berbagai bentuk ancaman gangguan ketenteraman, ketertiban masyarakat dan bencana dengan menjaring, menampung, mengkoordinasikan informasi dari masyarakat mengenai potensi gangguan keamanan ketertiban masyarakat Khusunya pada Pemilu 17-april-2019 nanti.||| Reporter : Darianto Berutu

Editor : Zul