Pelatihan Pemandu Wisata Alam, Disbudpar Kabupaten Pakpak Bharat Gelar Tracking ke Kuta Jungak

318

PI News.com.PAKPAK BHARAT ||| Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pemandu wisata alam sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pakpak Bharat mengelar Pelatihan Pemandu Wisata Alam “Tracking” yang berlangsung selama tiga hari, (17-19/7) di Hotel Waris dan Desa Kuta Jungak, Kecamatan Siempat Rube.

Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan juga pelayanan bagi wisatawan khususnya pemandu wisata alam (adventure) ini diikuti oleh 40 peserta yang melibatkan pemandu dari seluruh desa di Kabupaten Pakpak Bharat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pakpak Bharat, Drs. Bambang Sunarjo Banurea dalam sambutan mengatakan untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan, maka perlu dilakukan pembenahan pada sektor-sektor utama penunjang pariwisata diantaranya SDM kepariwisataan khususnya pemandu wisata alam.

“Disbudpar Pakpak Bharat akan terus melakukan pembinaan dan kerja sama dengan pelaku-pelaku pariwisata. Kita sangat berharap kepada pelaku wisata untuk meningkatkan SDM yang nantinya dapat bersaing dan memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang akan tracking ke Pakpak Bharat,” ungkap Bambang

Sementara itu Kabid Pariwisata Rudi Sinamo S.Pd menyebut tren pariwisata saat ini sudah lama bergeser kearah wisata alam. Tak peduli betapapun sulitnya akses kesuatu lokasi, para wisatawan akan rela menempuh perjalanan dan mendapatkan pengalaman berwisata alam.

“Jadi wisata alam sedang digemari oleh wisatawan. sekarang orang lagi senang piknik tentang alam, dan itu di desa sangat banyak hanya butuh sedikit inovasi untuk mengembangkannya dan mengenalkannya ke khalayak umum ” Ujar Rudi.

Rudi sinamo juga mengatakan Inovasi yang dimaksud adalah dengan memanfaatkan potensi geografis yang bergunung menjadi arena bagi wisata lain seperti off road atau model alam lainnya.

“Itulah sebabnya kita berinisiatif untuk melakukan Pelatihan pemandu wisata ini, kita berharap juga dengan kita menggelar kegiatan-kegiatan seperti ini akan dapat semakin mengenalkan Berbagai tempat wisata yang telah kita jajaki sebelumnya, tentunya semakin banyak pengunjung wisata ke Daerah kita akan membawa pengaruh yang cukup baik pula bagi masyarakat Oakpak Bharat “pungkasnya.||| Darianto Berutu

Editor : Zul