Panitia FDT ‘Minta Parkir Gratis’ dan Rate Kamar Hotel Murah di Parapat

138

PI-NEWS.COM. PARAPAT ||| Panitia Festival Danau Toba (FDT) ke 7 (Tujuh) melalui Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Ria Telaumbanua di Mess Porapora Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sumut, Jumat (6/12/2019) mengharapkan supaya obyek kantong parkir musiman itu dibebaskan uang parkir, dan rate (harga kamar hotel) jang dinaik-naikkan, agar wisatawan kita itu betah tinggal lebih lama di kawasan Danau Toba Parapat selama event FDT.

Saya pernah mendengar imez itu, masa hanya parkir dan istilah titip mobil mencapai puluhan ribu rupiah, beruntung Polres Simalungun sigab kala itu dan dapat menertibkan hal-hal yang beraroma Pungutan Liar (Pungli) seperti itu, Pungkasnya.

Kadisbudpar Sumut inipun dengan tegas mengngatkan, supaya pihak Menejement Hotel dikawasan Parapat dan sekitarnya untuk tidak menaik-naikkan harga kamar hotel, itu beresiko buruk bagi wisatawan kita.

“Jadi jangan kalau wisawatan/Tamu kita tidak ada kita mengeluh dan setelah datang seolah jadi obyek keberuntungan sesaat, marilah kita saling membantu disaat Dinas Pariwisata Provinsi Sumut dan Kdinas Pariwisata Simalungun sudah berbuat, para pemilik hotel harus mampu menyesuikan diri, kan sudah ikuta dibimtek saat ada kegiatan-kegiatan di Parapat, maka yuk..kita bersingerji dan merubah pola dulu, ke arah yang lebih elegan”, Kata Dr Ria.

Perihal parkir liar (atau lokasi parkir yang bukan setor ke retribusi) diharapkan dinihilkan, wisatawan kita jangan dipungli lagi, supaya nama baik kota kita ini kembali kesedia kala, ramah , aman dan bermartabat. Ingat, obyek wisata tandingan sudah banyak, maka jangan jadikan Parapat ini ditinggal pergi hanya gegara ulah segelntir manusia saja, “gak boleh itu”, Kata Ria Telambanua.

Camat Girsang Sipangan Bolon Eva Tambunan diharapkan juga bersinergi dengan Uspika setempat Kapolsek dan Koramil 11 Parapat, supaya mengarahkan warga kususnya yang mengurusi kantong parkir ‘ditatatar’ terlebih dulu supaya tetap dalam sopansantun mengarahkan kenderaan dan bila penting para juruparkir (jukir) itupun dibekali terkait Roundown kegiatan FDT supaya bisa mengarakan para pengunjung, Katanya.

Menanggapi hal tersebut, Camat Girsip Eva Tambunan mengatakan akan menindaklanjutinya dan berkoordinasi dengan Kapolsek Parapat AKP Irsol dan Danramil 11 Parapat Kapten Prawoto, sekaligus mohon bimbingan nantinya dari pimpinan dan Pak Kapolres Simalungun, “Yang jelas apa yang disampaikan Kadisbudpar Provsu Bu dr Ria, kami apresiasi dan tindak lanjuti”, Katanya.||| JESSIHOTANG

Editor : Zul