Operasi Patuh Toba 2019 Dimulai, Kapolda Sumut : Hindari Pungli

173

PI NEWS.com.MEDAN ||| Pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2019 dimulai. Operasi yang digelar hingga 14 hari kedepan ini ditandai dengan apel gelar pasukan di lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Kamis (29/8) yang dipimpin langsung Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto.

Dalam kesempatan itu, Brigjen Pol Mardiaz membacakan amanat Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto yang menekankan sejumlah hal. Diantaranya, agar para personil selama pelaksanaan operasi mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani Standar Operasional Prosedur yang ada.

“Hindari tindakan Pungli dan kaksanakan Operasi ini dengan simpatik dan humanis 3 S (Sabar, Sopan Dan Senyum) sesuai Prosedural,”sebut Mardiaz.

Kemudian Kapolda juga meminta agar para personil melakukan tugas dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat yang dapat menurunkan Citra Polri;

“Jadilah teladan dalam berlalu Lintas untuk memberikan Contoh yang Baik dan Benar kepada masyarakat,” bebernya.

Dalam amanat Kapolda Sumut yang dibacakan Wakapolda Sumut juga menyebutkan pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2019 ini menekankan 8 Prioritas pelanggaran yaitu, menggunakan handphone saat mengendarai; mengemudi dalam keadaan mabuk atau mengkonsumsi narkoba; tidak menggunakan helm SNI; mengendarai diluar batas kecepatan; melawan arus saat mengemudi; mengemudi di bawah umur; tidak menggunakan sabuk pengamanan dan menggunakan Lampu Rotator.

“Secara umum dari hasil analisa dan evaluasi tersebut di atas, bahwa dominasi pelanggaran yang terjadi adalah pelanggaran kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan safety belt tidak menggunakan helm SNI, dan pelanggaran terhadap marka jalan. Maka dari itu, operasi ini mengedepankan tindakan preventif dan represif yang diharapkan mampu mengendalikan, menangani, mengatasi dan mengurai kemacetan dan semrawutnya lalu lintas, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas dan fatalitas terhadap korban,”tukas Wakapoldasu.||| Damos Simatupang

Editor : Zul