MTQ Tingkat Kabupaten Pakpak Bharat Ke -XVI Digelar di Kecamatan STTU Jehe

181

Potret Indoenesiaku.com.PAKPAK BHARAT ||| Kecamatan Sitelu Tali Urang Jehe (STTU Jehe) menjadi tuan rumah Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)tingkat Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2019.

Dengan memukul bedug yang berada di Kompleks Ass-Syahada, Desa Maholida, Kecamatan STU Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat, Senin (25/3), Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA membuka secara resmi Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Pakpak Bharat ke-XVI.

Kegiatan yang diawali dengan pawai Ta’aruf ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si, Unsur Forkopimda, kafilah utusan dari 8 Kecamatan di Kabupaten Pakpak Bharat yang terdiri dari Peserta Lomba MTQ, Siswa/i Sekolah, Para tamu undangan dan Masyarakat.

Bupati dalam arahannya menghimbau kepada seluruh peserta dan undangan agar tidak menjadikan MTQ ini hanya sekedar rutinitas tahunan, melainkan wujud bagaimana tingginya perhatian semua pihak untuk melahirkan Hafidz dan Hafidzah terkhusus di Kabupaten Pakpak Bharat.

Ketua Panitia MTQ Ke-XVI Kabupaten Pakpak Bharat, Elhidayat Berutu, SH, MAP, dalam pidatonya berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan silahturahmi, ukwah islamiah antar sesama umat Islam sekaligus sarana membaca, memahami dan mengamalkan wahyu Illahi itu dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu menurutnya sesuai dengan tujuan pelaksanaan MTQ yakni meningkatkan kemampuan membaca, menghafal dan memahami serta mengamalkan isi kandungan Al-Quran. Meningkatkan kualitas hidup generasi muda sehingga termotivasi untuk membaca, memahami dan mengamalkan Al-Quran. Dan yang tak kalah penting adalah sebagai ajang seleksi menjaring Qori dan Qoriah terbaik Pakpak yang mewakili Kabupaten Pakpak Bharat untuk mengikuti ajang yang lebih besar di Provinsi nanti.

Adapun cabang yang diperlombakan pada MTQ 2019 ini antara lain Tartil Anak-anak (putra-putri), Tilawah Anak-anak (putra-putri), Tilawah Remaja (putra-putri), Tilawah Dewasa (putra-putri), Syarhil Quran (putra-putri), Fahmil Quran (putra-putri), Khat Nash (putra-putri), Khat Dekorasi (putra-putri), Khat Mushaf (putra-putri), dan Hifzil Quran.||| Reporter: Darianto Berutu

Editor : Zul