‘Menghadiri Karnaval Danau Toba dan Berikan Bantuan Pendidikan ,Menteri Susi Pujiastuti Bangga kepada Masyarakat Batak Khususnya Warga Tobasa ”

168

Potret Indonesia News.com TOBASA (15/9).

Kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti ke Kabupaten Tobasa Balige adalah Dalam rangka Kunjungan kerja selama dua hari di Kota Kabupaten Tobasa Balige.Minggu (15/9).

Dalam kunjungan resmi dinasnya keTobasa Ibu Sus Pujiastuti disambut Puluhan ribu masyarakat ‘Bangso Batak’ dengan sambutan luar biasa,yang membuat Ibu Susi terharu dan Terpesona kepada masyarakat Tobasa.

Pada hari kedua kunjungan kerjanya Ibu Susi diTobasa diadakan di Pantai Pasir Putih Desa Parparean Porsea, Kecamatan Porsea Kabupaten Tobasa.

Saat memberikan kat sambutannya, Susi menunjukkan rasa kagumnya dan mengatakan sangat senang dengan antusiasme masyarakat atas penyambutannya dengan penuh persaudaraan.
” saya akan selalu mengingat momentum ini”, Terangnya dengan Bangga.

Lanjut Susi lagi ,
“Disamping itu, kita harus memerlukan SDM yang cerdas agar pembangunan yang saat ini sedang beejalan dengan baik, saya yakin dengan orang Batak Karena Orang Batak pintar, tegas, selain jadi pemikir yang brilian, oarang Batak itu sangat Beradat”, Jelas Susi Pudjiastuti mengakhiri keterangannya.

Susi Pudjiastuti juga ingin, Danau Toba dijaga dengan baik. Dengan tidak membuang limbah-limbah ternak, limbah-Limbah perusahaan serta limbah-Limbah dari Keramba jaring Apung ke-Danau Toba.”Harapan Susi kepada warga yang hadir.

Pada kesempatan itu juga Menteri Susi Pudjiastuti memberikan bantuan secara simbolis kepada sejumlah Nelayan dan Pokdakan yang ada di Sumatera utara serta bantuan untuk Pendidikan, Bantuan Pendidikan untuk 7 (tujuh) orang siswa(i) yang berasal dari Kabupaten Toba
Samosir, total bantuan sebesar Rp.244 juta

Bantuan Pendidikan tersebut untuk 1 (satu orang Siswa di Sekelah Tinggi Pendidikan
Jakarta-sebesar Rp 30 juta, Bantuan Pendidikan untuk 4 (empat) orang Siswa di Peltek Serang sebesar Rp 122 juta, Bantuan Pendidikan untuk 2 (dua) orang Siswa di Peltek Serang sebesar Rp 61 juta, bantuan tersebut secara simbolis di berikan
Tania Sitorus dan Sony. C. Hasibuan.

Pada kesempatan itu juga, Menteri Susi Pudjiastuti meresmikan Papan Sosialisasi Pengelolaan Sumber daya Ikan dan juga menaburkan bibit lima jenis bibit ikan sebanyak 250 ribu ekor di perairan Danau Toba Pasir Putih Parparean Porsea Kabupaten Toba Samosir.

Dalam mengisi kata sambutannya Bupati Toba Samosir Ir Darwin Siagian mengatakan secara langsung kepada Ibu Menteri Susi bahwa Ikan begitu berperan bagi kehidupan masyarakat Batak Dimana, Pada saat lahir, orang Batak akan diberikan Ikan. Acara kawinan, juga diberikan ikan dan juga setiap ada giat adat Batak lainnya ikan sangat memiliki peran penting pada adat Batak.

“Orang Batak itu Familiar dengan ikan, untuk itu, dalam rangka otorita Danau Toba akan berkembang pariwisatanya, kami berharap juga perikanannya juga dapat berkembang. Kami juga berharap sama Ibu Menteri agar ada nantinya di Tobasa ini Balai benih ikan. Kalau berkenan, disini sudah kami persiapkan tempatnya sekitar 5 Ha. Jadi selain berkembang Pariwisatanya, juga berkembang juga nelayannya,”Jelas Darwin Siagian dengan penuh Harap dan yakin ,sambil mengakhiri kata sambutannya. (J3S)

Ket photo ;
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti dan Rombongan didampingi Bupati Tobasa Darwin Siagian serta jajaran Muspida lainnya.