KPU Dairi Sosialisasi Peraturan Kampanye Pemilu 2019

157

Potret Indonesiaku.com |SIDIKALANG///Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi laksanakan sosialisasi peraturan tentang kampanye kepada Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019. Kegitan itu dilaksanakan di ruang rapat Kantor KPU Dairi jalan Palapa, Sidikalang, Selasa (18/9).
Selain komisioner KPU, hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan Bawaslu, pengurus Parpol, Kesbang, Kepolisian Polres Dairi.

Ketua KPU Dairi, Sudiarman Manik saat membuka kegiatan sosialisasi mengatakan, kepada seluruh Parpol peserta Pemilu pada saat pemasangan alat peraga kampanye (APK) dan pelaksanaan kampanye nantinya, agar mempedomani peraturan KPU. Sehingga dalam pelaksanaan dilapangan nantinya tidak terjadi pelanggaran.

“Untuk itu dalam kegiatan sosialisasi ini kepada selurun Parpol peserta pemilu bisa memahami dan melaksanakan peraturan yang telah dikeluarkan KPU,”kata Sudiarman.

Sementara Jenny Ester Pandiangan bagian Devisi Parmas dan SDM KPU Dairi menjelaskan, pelaksanaan kampanye Pemilu 2019 sangat panjang, terhitung sejak 23 September-13 April 2019.

“Pada 21 September nanti penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) setelah itu pada 23 September 2018 Parpol peserta pemilu sudah bisa melaksanakan kampanye Pileg dan Pilpres 2019,”ucapnya.

Menurut Jenny, sosialisasi ini penekannanya di alat peraga kampanye seperti desain dan materi yang akan dicetak oleh KPU. Selain itu akun dari media sosial untuk kampanye dan nama-nama tim kampanye harus segera didaftarkan ke KPU. Semua itu harus sudah diselesaiakan paling lambat satu hari sebelum hari H pelaksanaan kampanye atau.

“Itu semua harus dipenuhi, jika tidak dipenuhi KPU tidak akan memfasilitasi ATK dan memberikan jadwal kampanye,”sebut Jenny.
Ditambahkan Jenny, untuk ATK yang difasilitasi KPU adalan Baliho sebanyak 10 dan 16 sepanduk setiap Parpol. Diluar itu Parpol bisa membuat sendiri sebanyak 5 baliho perdesa dan 10 sepanduk perdesa.

“Kalau untuk Bahan Kampanye (BK) yang kecil-kecil seperti setiker, flyers dan leaflet bisa mereka lakukan atau cetak sendiri,”terang Jenny. |||Junitha Sihombing

Editor : Zul