“Konflik Kaldera Danau Toba Berakhir dengan 8 butir kesepakatan Antara Warga dengan BPODT yang diMediasi Oleh Bupati dan Kapolres Tobasa”

421

Konflik Pembukaan Jalan Kaldera Toba ‘Sigapiton’ Berakhir Dengan Beberapa Kesepakatan

Potret Indonesia News.com TOBASA (Senin, 15/9).

Permasalahan antara warga sekitar kaldera danau Toba dengan pihak BPODT sudah dapat terselesaikan dengan baik dan dipastikan dalam kesepakatan bersama bahwa tidak ada aksi pengahalangan pembukaan jalan dikawasan Kaldera Toba Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Tobasa.

Dimana dalam hal ini Pemkab Tobasa yang langsung dimediasi Bupati, Darwin Siagian, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo, Direktur BPODT Aro Parasetyo dan Basar Simanjuntak, sudah bersepakat dengan pihak Warga Sigapiton, Sibisa dan Motung, tentu dengan beberapa catatan yang harus diindahkan oleh pihak BPODT sebagai konsekwensi kesepakatannya.

Dijelaskan oleh Bupati Tobasa kepada Awak media bahwq progres pembukaan jalan dilanjutkan kembali dan sedang berjalan dengan baik saat ini demikian juga untuk kedepannya.

“Sudah tidak ada masalah lagi dan kita harapkan supaya semua pihak menahan diri dan jangan ada pihak yang mencoba memperkeruh suasana, karena kami bersama Warga sudah menyepakati kesepakatan bersama dalam suatu mufakat “Jelas Darwin Siagian .

Adapun beberapa hal dicatatkan dalam BERITA ACARA KESEPAKATAN BERSAMA BPODT dengan MASYARAKAT BIUS PAROPAT DESA SIGAPITON Tentang Pengembangan Lahan ZONA OTORITA DANAU TOBA DI
Kecamatan AJIBATA Kabupaten TOBA SAMOSIR.

Diantaranya:

1. Bahwa kami Masyarakat Bius Paropat Desa Sigapiton setuju mendukung pembangunan jalan panjang 1,9 km lebar 18 meter di lokasi tahapI di dalam areal 279 Ha akan
dilanjutkan mulai besok Senin, tanggal 16 September 2019.

2. Mengenai tuntutan masyarakat Bius Paropat Desa Sigapiton terkait pengembalian tanah adat di atas Lahan Zona Olorita akan ditempuh melalui prosesi mekanisme hukum yang
berlaku.

3. Mengenai pembangunan yang akan dilaksanakan di atas Lahan Zona Otorita Danau Toba tidak akan mengakibatkan dampak bencana alam atau kerusakan Ingkungan dan sosial
budaya di Desa Sigapiton.

4. Bahwa BPODT menjamin kelestarian sumber mata air masyarakat Desa Sigapiton (area bawah di pinggir Danau Toba).

5 Bahwa pembangunan yang akan dilaksanakan BPODT tidak akan masyarakat yang bermukim di Desa Sigapiton (area bawah di pinggir Danau Toba Ter).

6 Bahwa BPODT sepakat akan memberdayakan masyarakat dalam melaksanakan
pembangunan di lahan zona Otorita Danau Toba sesuai kompetensi.

7. Mengenai jaringan listrik ke rumah yang sudah berdiri sampai hari ini (sejumlah maksimal 28 bangunan) di areal tahap I 279 Ha sesuai permohonan warga akan disambungkan oleh PLN koordinasi dengan BPODT, tetapi apabila masyarakat Bius Paropat Desa Sigapiton kalah dalam proses gugatan Perdata dan Tata Usaha Negara di Pengadilan maka listrik akan dicabut.

8. Mengenai makam/situs yang berada di lahan zona Otorita Danau Toba tahap l seluas 279 Ha yang sudah ada sampai hari ini tidak akan diganggu dan akan dilestarikan.

Demikianlah Berita Acara Kesepakatan Bersama ini kami buat dan tandatangan
dengan dibubuhi materai secukupnya dibuat dalam rangkap 2(dua) dan masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama, dan dibuat dalam keadaan sehat jasmani dan rohani tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun juga.

Surat kesepakatan itu ditandatangani perwakilan Masyarakat Bius Panopa
Desa Sigapiton, Mangatas Togi Butarbutar,Jabangun Sirait, Manogu Manurung, Japintar Nadapdap dan Nagauruk Sitinjak.

Tandatatangan juga dibubuhkan oleh Direktur Utama BPODT Ari Prasetyo dan diketahui oleh Bupati Toba Samosir Darwin Siagian dan Kapolres Tobasa
Akbp.Agus Waluyo,SIK.

Pada kesempatan ini Kapolres Tobasa Akbp.Agus Waluyo,SIK dilokasi lanjutan pembukaan jalan Kaldera Toba Sigapiton turut serta mengucapkan terimakasih.

“saya mengucapkan terima kasih kepada warga Sigapiton,Sibisa,Motung yang sudah memahami betapa pentingnya bonus pembangunan ini dan kesepakatan bersama BPODT dengan warga Sigapiton harus tetap terjaga dan harus ditindak lanjuti”Terang Kapolres dengan Bangganya.

Dalam menjawab perranyakan Awak media akan hasil musyawarah ini diakhir penjelasannya Direktur BPODT Arie Prasetyo juga menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat sekitar Kaldera Danau Toba .
“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada warga Sigapiton dan Masyarakat Bius Paropat Desa Sigapiton dan sesuai point kesepakatan yang sudah kami pahami bersama’Jawab Arie Prasetyo mengakhiri keterangannya.(ZENO)

Ket photo :
Setelah empat terhenti, kini dua alat berat kembali melakukan aktifitas pembukaan jalan dikawasan puncak gunung ‘Kaldera Tobasa’ Desa Sigapiton. (PI-News || jessihotang)