“KMP Pora-pora Rute Balige – Onan Runggu kembali diResmikan Ditjen Kemenhub,,

197

Potretindonesianews.Com Toba .(16/07/2020).

Pengoperasian Angkutan air di danau toba KMP Porapora  jurusan rute Balige – Onan Runggu kembali diresmikan oleh Ditjend Kemenhub di pelabuhan Balige. Kamis (16/07/2020).

Acara Peresmian KMP Porapora ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ditjen Hubdat Kemenhub, Bupati Toba, Bupati Samosir serta para toko adat batak dari kabupaten Toba melakukan ritual dengan memecahkan Telor ayam kampung di dinding KMP Pora-pora. tersebut

Adapun launching Rute KMP Porapora dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Toba Ir Darwin Siagian dan Ir Hulman Sitorus , Bupati Samosir, Kepala BPTD Wilayah II Sumut  Putu Sumarjana beserta Kadis Perhubungan Tingkat 1 Sumut Abdul Haris Lubis, Ketua dan wakil ketua DPRD Toba dan Kadis Perhubungan kedua Kabupaten, Pimpinan Jasaraharja Wilayah dan Jasaraharja Putra Wilayah Sumut Camat Balige dan penatua adat Balige.

Tak lupa Bupati TOBA   Ir.Darwin Siagian  menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat disekitaran danau toba agar ikut menjaga keberadaan kapal tersebut , kehadiran KMP porapora di Danau Toba patut disyukuri  atas perhatian pemerintah pusat dalam mendukung parawisata Danau Toba.

Ketua DPRD Kabupaten Toba, Efendi Napitupulu juga ikut mengucapkan  terimakasih kepada pemerintah pusat yang selalu memberikan perhatian perkembangan wisata Danau Toba berupa pemberian fasilitas pendukung kawasan wisata daerah sekitar Danau Toba.

KMP Porapora direncanakan akan melayani rute bolige -onanrunggu tiga kali dalam seminggu dimulai  sejak diresmikannya rute tersebut hingga 31 Desember 2020 mendatang.

Dalam pengoperasian KMP Pora Pora pada lintasan rute Balige (kab. Toba) – Onan runggu (kab. Samosir) peran kita pemerintah sebagai Regulator mendorong penyelenggaraannya dalam aspek keselamatan serta pelaksanaan “clereance -dokumen ” keberangkatan dan kedatangan kapal.

Selanjutnya dalam pengendalian manejemen angkutan  Danau ini dilaksanakan PT. ASDP Indonesia Ferry terkait tarif, diskon, serta pelayanannya.mengenai pelayanan publik tetap melaksanakan protokol Distancing kesehatan sesuai *Surat Edaran Kementerian Perhubungan nomor 11 tahun 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Penggunaan Transportasi Darat Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Untuk Mencegah Penyebaran Covid_19*

Masyarakat sekitar Danau Toba sangatlah yakin perjalanan kapal motor Pora-pora  ini akan membawa berkah bagi masyarakat dan menjadi wadah pelayanan terbaik bagi pemerintah kepada masyarakat pemakai jasa transportasi ini. (Tanda).

Ket photo : Para pimpinan daerah dan pihak Kemenhub berphoto bersama didepan KMP porapora.