Kilas Balik Langkah Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan,SIK.MH !!! Terdepan Terapkan ZI Menuju Daerah WBK/WBBM

235

PI NEWS.com.SOLOK KOTA ||| Dinilai berhasil dalam menerapkan tatanan ZI menuju daerah WBK/WBBM di daerah Kota/Kabupaten Solok Sumatra Barat. Akhirnya kerja Keras dan kerja nyata itu Momentun penyerahan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2018 dihadiri oleh. Wapres Republik Indonesia Bapak Jusuf Kalla, Menpan RB Drs. Syafrudin, M.Si, Menkeu Sri Mulyani.

Momentun penyerahan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2018 dihadiri oleh. Wapres Republik Indonesia Bapak Jusuf Kalla, Menpan RB Drs. Syafrudin, M.Si, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D, Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D, Wakapolri Komjen Pol Drs. Ari Dono Sukmanto, M.Si, Jaksa Agung Drs. H. Muhammad Prasetyo, S.H., M.H. Hakim Agung Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H.
Ketua BPK Prof. Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, CA., CPA. Asrena Polri Irjen Pol Dr. Gatot Edi Pramono, M.Si, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Damisnur AM, S.H., M.M, Para Pimpinan Unit Kerja Penerima Penganugerahan Zona Integritas WBK/SBBM. Tamu undangan kurang lebih sebanyak 500 orang. Dimana selama kegiatan berlangsung Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, S.I.K., M.H. didampingi oleh Kabag Ops Kompol Bresman Simanjuntak, S.H. dan , S.E., M.Sc., Ph.D, Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D, Wakapolri Komjen Pol Drs. Ari Dono Sukmanto, M.Si, Jaksa Agung Drs. H. Muhammad Prasetyo, S.H., M.H. Hakim Agung Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H.
Ketua BPK Prof. Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, CA., CPA. Asrena Polri Irjen Pol Dr. Gatot Edi Pramono, M.Si, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Damisnur AM, S.H., M.M, Para Pimpinan Unit Kerja Penerima Penganugerahan Zona Integritas WBK/SBBM. Tamu undangan kurang lebih sebanyak 500 orang. Dimana selama kegiatan berlangsung Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, S.I.K., M.H. didampingi oleh Kabag Ops Kompol Bresman Simanjuntak, S.H. dan mutiara manis bagi AKBP Dony Setiawan, S.I.K. M.H Kapolres Solok Kota Sumatra Barat tahun ini,

Dinana dari kerja nyata itu, Kapolres Solok Kota Dianugrahi Penghargaan ZI, Menuju daerah WBK/WBBM tahun 2018 oleh Penerintah Pusat.
Penghargaan tingkat tinggi Penganugrahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM tahun 2018 itu diterima langsung oleh Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawab, S.I.K. M.H, yang diserahkan langsubg oleh Menpan RB Drs. Syafrudin, M.Si dan Deputi Zona Integritas Kemenpan RB Yusuf Ateh, MBA tahun 2018 lalu.,bertempat di Golden Ballroom The Sultan Hotel & Residence Jalan Gatot Subroto Kota Jakarta Pusat.
Menpan RB Drs. Syafrudin, M.Si dikesempatan itu memaparkan, terintegritasnya Reformasi Birokrasi di suatu tatanan pemerintahan daerah. Adalah merupakan langkah utama bagi pemerintah untuk melakukan perbaikan tata kelola pemerintah yang baik, Karena sasaran Reformasi Birokrasi yaitu mewujudkan birokrasi yang semakin bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif, efisien serta berorientasi pada pelayanan publik yang berkualitas.

“Maka untuk mencapai hasil tersebut, maka instansi pemerintah wajib untuk membangun Zona Integritas/ZI sebagai miniatur pelaksanaan reformasi birokrasi di unit/satuan kerja, Dan bagi unit/satuan kerja yang berhasil dalam membangun ZI, akan menjadi cahaya model bagi unit kerja lainnya. Dan mendapatkan predikat menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),”ungkap Syafrudin.

Dia menyatakan, adapun Pembangunan ZI di suatu daerah, adalah sejalan dengan arahan Bapak Presiden RI dan kebijakan pemerintah Pusat. Dalam upaya untuk meningkatkan Ease of Doing Business (EODB) dan Corruption Perception Index (CPI). Zona Integritas/ZI adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja pelayanan percontohan pada instansi pemerintah. Dimana daerah itu memenuhi indikasi bebas dari korupsi dan melayani publik dengan baik.

Pembangunan ZI dimulai dari pencanangan unit kerja percontohan sebagai ZI, pembangunan ZI, evaluasi internal oleh tim TPI, penilaian dari tim TPN. Sedangkan Tahapan proses evaluasi ZI antara lain, penerimaan usulan unit kerja WBK/WBBM dari daerah, Survei oleh BPS, evaluasi lapangan, rapat panel 1, rapat panel 2, dan penerapan serta proses di lapangan, dan sebagainya.

Maka dari hasil penilaian dan penefapan di lapangan, maka AKBP Doni Setiawan, Ka Polres Solok Kota ditetapkan sebagai penerima Penghargaan dari Kemenpan RB RI sebagai Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik kategori “Sangat Baik” Tahun 2018.
Dari 194 Unit Kerja Polri (Polretabes/Polresta/Polres) se-Indonesia, yang telah dievaluasi oleh Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB RI, Polres Solok Kota ditetapkan sebagai salah satu Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dengan Kategori “Sangat Baik” jelas KeMenpan RB.
Polres Solok Kota bersama 21 Unit kerja lainnya yang dikategorikan sebagai unit pelayanan publik terbaik, berhasil mendapat kehormatan untuk menerima Penghargaan dari Menpan RB RI.

Dari 194 unit kerja Polri, tersebut, hanya 21 Unit kerja yang ditetapkan sebagai Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dengan Kategori “Sangat Baik” termasuk diantaranya Polres Solok Kota, Dan untuk jajaran Polda Sumbar hanya Polres Solok Kota”jelasnya.
Penilaian tersebut didasarkan pada Permenpan RB RI Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik, dengan indikator penilaian kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi.

Menpan RB Syafrudin mengapresiasi, pencapaian apresiasi penghargaan Zona Integritas/ZI menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang diraih Polres Solok Kota ini. Adalah tidak terkepas berkat kepemimpinan Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, S.I.K., M.H, bersama jajaranya yang senantiasa dan aktif menggerakkan seluruh personel Polres Solok Kota. Dalam hal memberikan pelayanan publik yang baik dan prima kepada masyarakat Kota/Kab Solok dari waktu kewaktu

Dikesempatan itu, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan menyatakan, Pada Tahun 2018 ini terdapat 3 unit kerja di lingkungan Polda Sumbar yang memperoleh Anugerah penghargaan Zona Integritas/ZI menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) oleh Pemerintah Pusat. Diantaranya, Polres Solok Kota, Polres Tanah Datar dan Polres Bukittinggi.

Dalam memberikan dan menerima seluruh pelayanan kepolisian yang ada di Polres Solok Kota yakni Pelayanan SPKT, Pelayanan SKCK dan Pelayanan SIM, dan pelayanan lainnya.

Dony menyebutkan, adapun Pencapaian apresiasi penghargaan Zona Integritas/ZI menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang diraih Polres Solok Kota ini. Bukan merupakan hal yang instan, namun membutuhkan proses yang lama dan waktu yang cukup panjang untuk merubah mental dan budaya kerja dalam melayani masyarakat.

“Hal ini dimulai dari pencanangan Zona Integritas dalam unit kerja yang dimulai dari tekad hati kita yang kuat beserta personel, dilanjutkan pembangunan Zona Integritas dengan didasari 6 indikator komponen pengungkit antara lain. Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Peningkatan Akuntabilitas Pelayanan Publik,”terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Dony, Pembangunan Zona Integritas ini kemudian di evaluasi internal oleh Tim Penilai Internal dari Itwasda Polda Sumbar dan Itwasum Polri. Serta dilanjutkan dengan penilaian Nasional yang melibatkan Tim Kemenpan RB dan BPK Kota Solok/BPS Provinsi Sumbar.

Dengan indikator meningkatnya pelayanan publik dengan didukung nilai indeks persepsi korupsi yang sangat baik dari masyarakat. Tentunya bakak terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, hal ini didukung dengan nilai persepsi kualitas pelayanan, semua ini merupakan hasil dari survei eksternal.

“Alhamdulillah pembangunan Zona Integritas Polres Solok Kota berhasil menuai dan berbuah manus dengan meberima apresiasi dari penerintah pusat dengan menerina penghargaan,”cetus Dony sambil tersenyum.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan S.Ik.,M.H., mengatakan berkat kepatuhan dan sinerjisasi semua jajaran Polres Solok Kota. Dalam memenuhi indikator penilaian tersebut, maka alhamdullillah telah menempatkan unit kerja kami sebagai unit kerja pelayanan publik dengan kategori sangat baik.

Dikatakan Dony, Ini juga merupakan wujud nyata tekad jajaran Polres Solok Kota dalam mewujudkan pembangunan ZI menuju Wilayah Bebas Korupsi. “Tentunya ini bukanlah akhir dari perjuangan kami, akan tetapi adalah awal dari perjuangan untuk tetap mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan publik yang santun dan bersih dalam memberikan segala aspek pelayanan terutama bagi masyarakat luas,”paparnya.||| Roni Natase

Editor : Zul