KI Provinsi Sumut KunKer ke PN Medan

134

PI NEWS.com.MEDAN ||| Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Utara melaksanakan kunjungan kerja ke kantor Pengadilan Negeri Medan, Senin (16/03).

Dalam kunjungan tersebut terlihat lima komisioner yang dipimpin Ketua KI Sumut, Robin Simbolon, Desi Pohan, Eddy Sormin, Abdul Jalil, dan Meisalina serta staf KI Sumut langsung disambut Ketua Pengadilan Negeri Medan, Sutio Jumagi Akhirno serta Panitera Pengadilan, Marten Teny Pietersz.

Usai bertemu, Komisioner KI Sumut Bidang Kelembagaan Desi Pohan menyebutkan, kedatangan KI Sumut ke Pengadilan Negeri Medan, untuk menjalin sinergitas antar kedua instansi.

Ia juga menyampaikan bahwa proses pelaksanaan Penyelesaian Sengketa Informasi di KI Sumut tidak dikenakan biaya, cepat dan sederhana.

Harapan dari Komisi Informasi, bagi pemohon maupun termohon yang mengajukan banding atas putusan komisi informasi, apakah ditingkat Pengadilan Tata Usaha Negara (bagi Badan Publik Pemerintah Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif) maupun di Pengadilan Negeri (bagi Badan Publik lainnya yang sebahagian maupun seluruh Dananya bersumber dari APBD maupun APBN) untuk tidak dikenakan biaya perkara yang terlalu tinggi.

Sebagaimana semangat keterbukaan Informasi sesuai UU No 14 tahun 2008 yang memberi hak kepada masyarakat untuk mengetahui informasi publik.

Desi menuturkan, Ketua PN Medan Sutio memberikan apresiasi atas kunjungan tersebut dan berjanji akan mendiskusikan dengan jajaran, terkait biaya perkara atas banding, terkhusus pada Sengketa Informasi Publik.

Sutio juga berharap sinergitas antara PN dan KI Provinsi Sumut dapat terjalin lebih baik lagi.

Masih menurut Desi, selama KI Sumut berdiri tahun 2012 hingga kini sudah lebih 1000 kasus selesai disidangkan.

Hanya beberapa sengketa saja yg dibanding baik di PN maupun PTUN.||| Damos Simatupang

Editor : Zul