Kepala BNN RI Kunker Ke Kelurahan Lalang Medan Sunggal

200

PI NEWS.com.MEDAN ||| Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia Komjen Pol. Drs. Heru Winarko, SH melakukan kunjungan kerja dalam kegiatan Pencanangan Kelurahan/Desa Bersih Narkoba ( Bersinar ) yang dilaksanakan di Lingkungan II tepatnya di depan rumah Kepala Lingkungan II Muhammad Ridho Kelurahan Lalang Kecamatan Medan Sunggal belum lama ini.

Terpilihnya Kelurahan Lalang sebagai lokasi Pencanangan Lurah/Desa Bersih Narkoba (Bersinar) merupakan kebanggan bagi warga kelurahan lalang kecamatan Medan Sunggal yang dihadiri Kepala BNN RI, ujar Lurah Lalang.

Kegiatan ini selain Kepala BNN RI Komjen. Pol. Drs. Heru Winarko, SH juga turut hadir Deputi Pencegahan BNN RI, Dandim 0201 Medan, Danlantamal Belawan, seluruh Kepala BNNK lingkup BNNP Sumut, seluruh Kasi P2M BNNK lingkup Sumatera Utara, Lurah Lalang dan seluruh Kepala Desa Bersinar dan Relawan Anti Narkoba.

Kehadiran Kepala BNN RI ke Kelurahan Lalang disambut baik oleh warga, dapat dilihat dari antusiasme warga yang memadati lokasi kegiatan, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars BNN.

Selanjutnya kata sambutan disampaikan oleh kepala BNNP Sumut, dilanjutkan dengan sambutan dari kepala BNN RI, dalam sambutannya beliau menyatakan masyarakat harus aktif bergerak menghalau narkoba, bukan lagi saatnya masyarakat hanya duduk diam tanpa berbuat.

Kepala desa adalah bapak masyarakat yang bertanggung jawab penuh terhadap seluruh warga masyarakat yang dipimpinnya, termasuk apabila terjadi penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkotika di wilayahnya yang disampaikan Kepala BNN RI Heru Winarko.

Namun masyarakat harus berperan aktif, dan bilamana mendapati transaksi narkoba, dan tertangkap tangan dapat diserahkan kepada Polsek ataupun BNN, karena masyarakat berhak menangkap bila tertangkap tangan.

Selanjutnya Kepala BNN RI juga melakukan Pencanangan Kelurahan/Desa Bersinar provinsi Sumatera Utara dan pelantikan Satgas Anti Narkoba Kelurahan Lalang dan dengan didampingi para OPD lainnya melakukan peresmian pencanangan Kelurahan/Desa Bersih Narkoba.

Heru menyatakan kepada seluruh tamu dipersilahkan untuk melihat langsung Posko Pencanangan Desa Bersinar Kelurahan Lalang, Medan Sunggal.

Dalam kegiatan ini juga ditampilkan simulasi rehabilitasi bagi masyarakat sebagai Agen Perubahan Jumlah keseluruhan Desa Bersinar Provinsi Sumatera Utara yang dicanangkan sebanyak dua puluh dua (22) Kelurahan/Desa Bersinar (Bersih Narkoba).

Dengan adanya program desa bersinar diharapkan dapat mengubah daerah-daerah rawan tersebut menjadi daerah yang benar-benar bersih dari narkoba.||| Damos Simatupang

Editor : Zul