Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan Laksanakan Penyuluhan di YP Sinar Husni

148

PI NEWS.com.MEDAN ||| Mencegah penyalahgunaan narkoba dan obat – obatan psikotropika terlarang lainnya serta kenakalan remaja kembali untuk yang kesekian kalinya Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis,SH MH melalui Kasat Binmas AKP H.Justar Purba,SH dengan didampingi PHL Sat Binmas Polres Pelabuhan Belawan Umi Kalsum,S.Pdi melaksanakan “Penyuluhan Penyalahgunaan Narkoba dan Kenakalan Remaja”.

Kali ini Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP H.Justar Purba menggelar kegiatan penyuluhan tersebut bertempat di SMP, SMA dan SMK Yayasan Pendidikan Sinar Husni,Jalan Veteran Gang Utama Desa Helvetia,Kecamatan Labuhan Deli,Kabupaten Deli Serdang, Senin (5/8/2019) sekira pukul 07.00 Wib.

Kegiatan diawali dengan upacara bendera merah putih yang diikuti oleh seluruh siswa – siswi dan para guru – guru YP Sinar Husni. Bertindak sebagai inspektur upacara Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP H.Justar Purba,SH.

Dalam amanatnya AKP H.Justar Purba menyebutkan para siswa – siswi YP Sinar Husni diharapkan jauhi segala bentuk penyalahgunaan narkoba dan patuhi peraturan lalulintas serta dilarang tawuran alias segala bentuk tindakan kenakalan remaja.

“Sebagai generasi penerus bangsa diharapkan siswa – siswi YP Sinar Husni jauhi penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja,” harap AKP H.Justar.

Usai pelaksanaan upacara bendera ,kegiatan Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan dilanjutkan dengan penyuluhan penyalagunaan narkoba dan kenalan remaja.

Peserta penyuluhan terdiri dari 2 bagian,yang pertama siswa – siswi tingkat SMP YP Sinar Husni. Berikutnya babak kedua peserta selanjutnya dari tingkat SMA.

Bertindak sebagai narasumber dalam penyuluhan tersebut Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP H.Justar Purba,SH dengan dibantu asisten moderator PHL Sat Binmas Polres Pelabuhan Belawan Umi Kalsum,S.Pdi.

Dengan menggunakan media vidio visual AKP H.Justar Purba dalam paparannya menguraikan materi terkait penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja.

Dalam satu bagian pemaparan AKP H.Justar Purba menghabiskan waktu 30 x 2 menit. Dan usai pemaparan berikutnya para siswa – siswi diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan.

Terpisah, usai pelaksaan penyuluhan wartawan mengkonfirmasi kepada sejumlah Kepala Sekolah yang mengepalai masing – masing bidang seperti yang disampaikan Kepala Sekolah SMA YP Sinar Husni Drs.H.Sosiar mengatakan kebiasaan yang dilakukan dari pemilik Yayasan Pendidikan Sinar Husni Drs.H.Muhammad Arif Husni.M.Pd bahwasanya setiap tahunnya memberangkatkan para kepala sekolah untuk menunaikan ibadah haji.

Lanjutnya, H.Sosiar Kepala Sekolah SMA YP Sinar Husni menyebutkan yayasan pendidikan tersebut sudah didirikan sejak Tahun 1987 silam.

Menurut informasi bahwasanya YP Sinar Husni terdiri dari pendidikan Sekolah Menengah Pertama dengan Kepala Sekolah SMP YP Sinar Husni Drs.H.Juliardi. Selanjutnya tingkat Sekolah Menengah Kejuruan dengan Kepala Sekolah SMK Tekhnologi Rekayasa (TR) Drs.Marwan Sinurat.

Sementara itu, Drs H.Sosiar Kepala Sekolah SMA YP SINAR HUSNI menyebutkan yayasan yang didirikan sejak Tahun 1987. Disisi lain, Kepala SMK YP Sinar Husni bidang Bisnis Managemen (BM) Drs.H.Muhammad Sidiq menyebutkan
SMK 1 (satu) gedung terdiri 3000 siswa, sementara itu SMA YP Sinar Husni 3 dalam 1 (satu) gedung terdiri 300 siswa.

Ketua Yayasan Pendidikan Sinar Husni Drs.H.Muhammad Arif Husni.M.Pd dengan didampingi Kepala Sekolah SMA YP Sinar Husni Drs.H.Sosiar dan Kepala Sekolah SMP YP Sinar Husni Drs.H.Juliardi serta Kepala Sekolah YP Sinar Husni Drs.Marwan Sinurat mengatakan ada 7 (tujuh) Program unggulan YP Sinar Husni yakni :

1.Marcing Band
2.Volly Ball
3.Pencak Silat
4.Pramuka
5.Keagamaan
6.Futsall
7.Polisi Cilik (Pocil).

Masih dikesempatan yang sama,hal senada disampaikan guru bagian kesiswaaan SMA YP Sinar Husni H.Wagimin Suldi,ST kepada wartawan menjelaskan
untuk bulan Oktober 2019 para siswa – siswi aktif mengikuti program masuk Bintara Polri dari Polres Pelabuhan.

“Artinya sudah jauh – jauh hari YP Sinar Husni dengan Polres Pelabuhan Belawan sudah terjalin sejak lama,” terang H.Wagimin.

Sambung guru yang sudah mengabdi sebagai pengajar di YP Sinar Husni sejak tahun 2001 artinya sudah 18 tahun beliau mengabdi sebagai tenaga pengajar. Sementara itu untuk bulan Oktober 2019 para siswa – siswi aktif mengikuti program masuk Bintara Polri dari Polres Pelabuhan

Sementara itu,saat sesi pertanyaan, Irwansyah kelas XII IPA I yang mempertanyaan mengapa di Indonesia masih mudahnya masuk bahan – bahan psikotropika kewilayah daerah di Indonesia. Berikutnya, Reza Yasa Wardana kelas II IPA 1 juga memberikan penjelasan terkait tayangan vidio visual yang menayangan terkait penyalahan penggunaan narkoba dan narkoba, sama halnya yang disampaikan Prida anggilina kelas X IPA 2 SMA YP Sinar Husni.

Terpisah seorang guru Ahmad Taufik,ST guru Kererampilan sekaligus pelatih Marcing Band sempat mencurahkan pengalamannya dihadapan para peserta penyuluhan yang pernah sempat terlibat dengan penyalahgunaan narkoba.

“Saya saat itu sedang mengikuti bangku perkuliahan di perguruan tinggi UMSU fakultas hukum hukum semester II setiap hari secara terus menerus menggunakan narkoba,” terang Ahmad Taufik.

Lanjutnya,tapi Allah itu masih sayang sama dirinya, karena saya ketahuan dengan seseorang sehingga berhenti pencandu narkoba.Jadi untuk anak – anak semua kalian untuk generasi penerus lakukan hal – hal yang positif. Karena itu akan menjerumuskan kita kedalam lembah kehidupan kehancuran yang sehancur – hancurnya.||| Damos Simatupang

Editor : Zul