Kapolres Pakpak Bharat AKBP Lenonardo Simatupang Padamkan Karhutla di Kawasan Perbukitan

156

PI NEWS.com.MEDAN ||| Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Leonardo David Simatupang SIK memimpin pasukan personil Polres Pakpak Bharat memadamkan api di kawasan perbukitan Pealagat. Kebakaran di lahan seluas lebih kurang satu hektare itu, terjadi pada Selasa (24/9/2019) siang.

Terlihat dilokasi kebakaran, Kapolres Pakpak Bharat bersama seluruh personil berupaya keras memadamkan api dengan alat seadanya. Berkat kerja keras tanpa mengenal lelah, api berhasil dipadamkan.

Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Leonardo David Simatupang SIK, yang ditemui dilokasi lahan terbakar menyebut, pembakaran lahan dilakukan warga sekitar dengan maksud membuka areal perladangan. “Kita melihat bahwa kebakaran kawasan perbukitan sengaja dilakukan dengan maksud untuk membuka lahan perladangan jagung warga,” ujarnya, Selasa (24/9/2019)

Dan, kita sudah memberikan arahan dan nasihat kepada warga yang berada dilokasi, agar tidak mengulangi perbuatan membakatlr kawasan perbukitan.

Diingatkannya, tindakan warga yang membakar lahan perbukitan dengan maksud menguntungkan sepihak, justru membawa dampak.negatif terhadap warga lainnya. Karena polusi asap yang diakibatkan pembakaran lagan, selain mengganggu kebersihan udara, juga membawa dampak penyakit terutama pada sistem pernapasa.

” Saya mengharapkan, agar warga berpikir bijak sebelum mengambil tindakan yang berakibat fatal bagi orang banyak,” ungkapnya

Meski api telah berhasil dipadamkan, Kapolres dan seluruh personil tetap memperhatikan keseluruhan lahan yang masih menyisakan bara api dan asap yang menggumpal.

“Kita tetap pantau terus lahan ini, karena masih menyisakan bara api yang dikhawatirkan bisa memicu timbulnya api,” seru mantan Kasubdit IV DitResKrimum Polda Sumut ini.

Kapolres berharap, partisipasi dan saling menjaga dari warga sangat diperlukan dalam segala lini. Sehingga kedepan, peristiwa serupa tidak terulang kembali

Reaksi cepat yang dilakukan Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Leonardo David Simatupang SIK, mendapat apresiasi dari para masyarakat. Para warga yang juga turut membantu memadamkan api mengaku bersemangat karena melihat kehadiran dari orang nomor satu di Polres Pakpak Bharat.||| Damos Simatupang

Editor : Zul