Kapolres Pakpak Bharat AKBP Alamsyah Hasibuan, SIK Pimpin Apel Ops Lilin Toba 2019

363

PI NEWS.com.PAKPAK BHARAT ||| Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Alamsyah Hasibuan, SIK Bertindak sebagai Pemimpin Upacara Apel gelar pasukan Operasi Kepolisian terpusat Lilin Toba 2019 Di Mabes Polres Pakpak Bharat, Sumatera Utara (Kamis,19/12/19).

Dalam apel gelar pasukan, Kapolres AKBP Alamsyah Hasibuan, SIK membacakan kata sambutan dari Kapolri, Apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan Personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Operasi Lilin tahun 2019 merupakan Operasi Kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019, sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020,” sebut Kapolres.
Dikatakannya, Fokus pengamanan adalah 61.308 obyek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara.

Kapolres juga menyampaikan , sesuai prediksi intelijen, terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi, yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba ataupun minuman keras.

“Kami tegaskan kepada seluruh personil yang terlibat, sesuai dengan amanat pimpinan, dalam melakukan pengamanan harus mengedepankan tindakan preventif dan preemtif; tidak dengan kekerasan dan arogansi,” Pinta Alamsyah.
Dalam pelaksanaannya, lanjut Kapolres Operasi ini akan melibatkan 191.807 Personel pengamanan gabungan, yang terdiri atas 121.358 Personil Polri, 17.190 Personil TNI dan 55.259 Personel yang berasal dari instansi terkait, antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom serta Instansi lainnya.

Gelar ops lilin rencong 2019 ini ikut dihadiri sejumlah pejabat Forkopimda Kabupaten Pakpak Bharat, Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr. Asren Nasution, MA, Sekda Kabupaten Pakpak Bharat, Sahat Banurea, S.sos, Dandim 0206 Dairi diwakilkan Danramil Salak, Kapten Inf. M Tambunan, Wakapolres Pakpak Bharat, Kompol Dolok Panjaitan, Asisten II pakpak Bharat, Para Kabag Polres Pakpak Bharat, Para Perwira, Kasat Pol-PP, Kepala Bidan Perhubungan Kabupaten Pakpak Bharat.|||Darianto Berutu

Editor : Zul