KaKesbangpol Simalungun..” LAMTORAS ” tidak Terdaftar dan Belum ada Berkas Apapun di Kantor KESBANGPOL “Apa bisa..?

882

Potret indonesia News.Com Simalungun.(7/10/19).

Tak menyangka begitu Getolnya warga yang diduga sebagai pengikut dan pendukung Lamtoras di Sihaporas justru mengundang tanya dikalanga Insan Pemikir,
Pasalnya Lembaga (Lamtoras) yang kerab buat gerakan dan aksi diberbagai tempat ini, ternyata tidak terdaftar di kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Simalungun.

Bahkan Bukan hanya itu,keberadaan dan kehadiran Lamtoras inipun juga tidak jelas di Nagori (Desa) Sihaporas. Hal ini terungkap setelah disampaikan oleh Pangulu (Kepala Desa) Sihaporas Jaulahan Ambarita, Minggu (6/10/2019)

Demikian keterangannya,,
“Tahun lalu juga (2018) , saya pernah ditanya Ast 1 Pemkab Simalungun Marolop Silalahi perihal Lamtoras ini, dan saat BNN itu saya berhadapan langsung dikantor pak Marolop dengan mereka (Lamtoras, red) saya sampaikan, bahwa mereka ini tidak pernah terdaftar secara administratif dan saya tidak pernah dilibatkan dengan Lamtoras, jadi sayapun tidak mengetahui keberadaan mereka ini,” Ucap Pangulu Sihaporas, Jaulahan Ambarita.

Hal senada juga disampaikan Camat Sidaminik DANNI FARIDA DAMANIK terkait status Lebaga Adat Lamtoras mengatakan, “Bahwa Lembaga Adat Lamtoras belum terdaftar secara administratif pemerintahan Sidamanik” Ungkap Farida.

Sementara itu Kepala badan Kesbangpol Simalungun Jan Saridon Purba menyampaikan itu, “Lamtoras” itu tidak terdaftar di Kesbangpol Simalungun, hanya saja mereka pernah semacam audiensi dengan alasan katanya mau buat acara budaya, dan dalam percakapan kami mereka memberitahukan katanya datang juga dari Kementerian Kehutanan tapi pada acara mereka itu yang datang hanya staf ahli yang mewakili saja.

ditambahkan Jan Saridon Purba lagi,,
“Kemungkinan mereka itu hanya berlindung di aliran kepercayaan, dan mungkin mereka bukan bagian dari Organisasi Massa (Ormas) .’Jelas Jan Saridon Purba yang juga sebagai pengurus PMS bagian Kebudayaan.

Jadi ‘LAMTORAS’ ini sampai sekarang tidak terdaftar di Kesbangpol Simalungun,
“Saya katakan tidak terdaftar dan belum ada berkas apapun di Kesbangpol Simalungun,” ujar Saridon Purba.

Sebagai KaKesbangpol Jan Saridin Purba. Menghimbau berbagai pihak untuk lebih waspada.

“Untuk itu agar pihak-pihak tertentu baik aparat terkait supaya lebih waspada dan berhati-hati degan adanya pergerakan tertentu yang dilakukan oleh sekelompok orang dibawah wadah yang tidak terdaftar di Kabupaten Simalungun yang kita cintai ini,” Himbau Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemkab Simalungun Drs Jan Sardion Purba.

“Melihat kenyataan seperti ini Masyarakat perlu berlaku bijak dan cermat dalam menyuarakan suaranya kepada suatu organisasi yang pada dasarnya harus jelas keberadaannya guna tidak salah langkah dalam bertindak.” Pesan Jhon Paul Siregar selaku Tokoh Pemerhati Sosial masyarakat Dan Lingkungan Hidup Sumut diruangan kantornya.(jesron Sihotang)

Ket Foto:

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemkab Simalungun Drs Jan Sardion Purba.(Zenno).