Kades Terpilih Desa Majanggut I Tidak Ikut Dilantik, Warganya Geruduk Kantor Bupati Pakpak Bharat

155

Potret Indonesiaku.com.PAKPAK BHARAT ||| Pj Bupati Pakpak Bharat melantik 9 dari 10 Kepala Desa (Kades) periode 2019-2025, di Balai Sada Arih Setda Kabupaten Pakpak Bharat , Senin (25/02/2019).

Pelantikan dilakukan setelah mereka terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 24 Oktober 2018 lalu.

Para pimpinan baru dan ujung tombak pembangunan Desa di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat itu terlihat serius mengikuti rangkaian prosesi pelantikan. pelantikan dan pengambilan sumpah ini sebagai awal diembannya tugas dan tanggungjawab sebagai Kades untuk masa 6 tahun kedepan.

Namun yang menjadi perhatian khalayak ramai, dari 10 Kepala Desa yang Terpilih Pada Pilkades serentak tiga bulan yang lalu, Seorang calon Kepala Desa terpilih bernama Merson Jobel Solin yang meraih jumlah suara terbanyak pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Majanggut I Kecamatan Kerajaan, Terpaksa batal dilantik.

Hal tersebut mengakibatkan kesal Ratusan warga desa Majanggut I mendatangi kantor Bupati Kabupaten Pakpak Bharat (senin, 25/02) menuntut kepastian calon Kepala Desa terpilih Merson J. Solin segera dilantik. Sebab seharusnya Merson yang berhasil memperoleh suara tertinggi pada pilkades beberapa waktu yang lau. Namun hingga Para kepala desa yang lainnya sudah dilantik , belum ada kepastian tentang pelantikan Kepala desa Majanggut I.

Warga pun mendesak panitia segera menindaklanjuti dan menyampaikan persoalan itu kepada Pemkab Pakpak Bharat. Adapun tuntutan dari pengunjuk rasa yaitu agar Pemda Kabupaten Pakpak Bharat dalam hal ini panitia Pilkades Kabupaten Pakpak Bharat segera menetapkan Kades terpilih desa Majanggut I saudara Merson Jobel Solin sebagai Kepala Desa Majanggut I.

‘’ Syarat administrasi lolos, ujian juga lolos dalam pilkades. Merson Solin bahkan sudah menang tapi mengapa sampai saat ini belum ada kepastian pelantikan, ‘’ kesal seorang warga yang ikut geruduk kantor Bupati.

Wargapun mengancam akan melakukan unjuk rasa besar-besaran jika tidak segera ada kepastian tentang pelantikan tersebut
Saat ditemui awak Media Merson Jobel Solin menuturkan. bahwa dirinya mengetahui tidak jadi dilantik pada hari senin (25/02) pagi hari, ”Saya terkejut saya mendapat kabar bahwasanya saya tidak jadi ikut dilantik, sementara saya sudah jelas-jelas menang pada pilkades 28 oktober 2018 Lalu, itulah sebabnya saya dibawa para keluarga dan pendukung saya untuk datang kekantor Bupati ini, untuk menanyakan kejelasannya. ” terang Merson.

“Jika memang ada kesalahan tolong jelaskan, kalau terkait administrasi berkas pencalonan telah saya lengkapi jikapun ada kekurangan atau kendala seharusnya panitia pilkades menolak berkas saya, jangan seperti ini, kepala desa yang lain sudah selesai dilantik, kenapa saya tidak ikut dilantik”, sebutnya.

Sementara itu, hingga berita ini dimuat Kepala Dinas terkait saat akan dikonfirmasi Oleh Media ini terkait adanya salah satu kepala desa yang tidak dilantik belum dapat ditemui.||| Reporter : Darianto Berutu

Editor : Zul