Jelang Pemilu 2019 !!! Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat Gelar Sosialisasi Partisipasif Pengawasan Pemilu

553

Potret Indonesiaku.com.PAKPAK BHARAT ||| Untuk mengintensifkan Peran masyarakat dalam mengawasi Pemilu Pemilihan Presiden/Wakil Presiden, DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2019, Badan Pengawas Pilihan Umum Kabupaten Pakpak Bharat Menggelar Sosialisasi Partisipatif Pemilu 2019 di Aula Hotel Waris, Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat, pada Kamis (4/4).

Kegiatan dibuka langsung Oleh Feisal Alfredi Berutu, M.Pd selaku Kordiv. OSDM Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat dan dihadiri Komisioner Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat Saut Boangmanalu S.Th MM, Kordiv PHL Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat, Koordinator sekertariat Bawaslu Kabupaten Riduan Bancin, Faisal Mahrawa Dosen Ilmu Politik dari Universitas Sumatera Utara (USU) Sebagai Narasumber , Tokoh Masyarakat, Wartawan Media Cetak, Elektronik dan Online, dan Organisasi Kepemudaan.

Dalam sambutannya dijelaskan oleh Faisal Alfredi Berutu Kordiv OSDM Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat bahwa pengawasan partisipatif dalam pemilu merupakan pengawasan, mengamati, mengkaji, memeriksa dan menilai, serta menegakan intergritas.

“Partsipatif merupakan Bentuk pengawasan yang tidak melakukan keberpihakan, menguntungkan atau merugikan peserta pemilu dan lain-lain, sehingga kita sudah beberapa kali menggelar sosialisasi seperti ini,” jelas Alfredi.

Faisal Mahrawa Dosen Ilmu Politik dari USU dalam Paparannya sebagai Narasumber pada acara tersebut, mengatakan masyarakat harus menjadi peserta pemilu yang cerdas dan tidak mudah diadu domba dan tidak terlibat dalam politik uang. Faisal juga menghimbau bagi para peserta pemilu Atau masyarakat untuk tidak ikut menyebarkanluaskan berita hoaks, ujaran kebencian, melibatkan politik uang, dan melakukan kampanye di tempat-tempat ibadah selama masa kampanye. ”Kami menghimbau bagi para peserta pemilu atau masyarakat yang tidak menyebarluaskan berita hoaks, ujaran kebencian, kampanye yang dilakukan pemilu di tempat beribadah, serta praktik money politic, ”pungkas Faisal.

Sementara itu Saut Boangmanalu S.Th, MM Kordiv PHL Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat mengatakan dalam sejarah pergerakan demokrasi Peran Pers dan OKP serta masyarakat memiliki kontribusi yang sangat besar berjalannya Demokrasi di Indonesia, untuk itu Saut berharap Pers, OKP Dan Masyatakat yang turut hadir pada sosialisasi tersebut dapat membantu melakukan proses pengawasan dan penyadaran politik kepada masyarakat setelah mengikuti acara sosialisasi tersebut.

“Kami sengaja melibatkan para Pers, OKP dan Tokoh masyarakat Pakpak Bharat pada sosialisasi Partisipatif ini, karena kami yakin dengan melibatkan Pihak-pihak tersebut bisa membangun warna baru dalam pemilu dengan tidak tergoda politik uang, isu SARA dan narasi kebencian. Kami berharap agar Bawaslu dan pihak-pihak yang memiliki kontribusi yang sangat besar untuk Pemilu 2019 saling bersinergi demi menghasilkan pemilu berkualitas, berintegritas, dan demokratis,” ujar Saut.||| Reporter : Darianto Berutu

Editor : Zul