Hermansjah, SE dan Dr. Dedi Daftar Calon Ketua dan DKP PWI Sumut

58

PI NEWS.com MEDAN|||
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sumatera Utara (PWI Sumut) incumbent Haji Hermansjah, SE (Harian Analisa) bersama Dr. Dedi Sahputra, MA (Harian Waspada) secara resmi mendaftar sebagai Calon Ketua PWI Sumut dan Ketua Dewan Kehormatan (DKP) PWI Sumut Periode 2021-2025, Kamis (15/7/2021).

Kedatangan Hermansjah dan Dr. Dedi diterima Panitia Konferensi PWI Sumut diantaranya Drs. Khairul Muslim, Rizal R Surya, Julia Nuraini Tarigan, Hartati Rangkuti, Evalisa Siregar, dan lainnya.

Usai melakukan pendaftaran, Ketua PWI Sumut (incumbent) Haji Hernansjah, SE kepada wartawan menyatakan, jika dirinya terpilih kembali akan melanjutkan program yang telah berjalan sehingga ada kesinambungan untuk kebaikan PWI Sumut ke depan.

Seperti diketahui, selama kepemimpinan Hermansjah pada periode 2015-2020, PWI Sumut telah meraih penghargaan sebagai PWI terbaik tahun 2019 setelah PWI Jateng dan DKI Jaya.

Kemudian berhasil merenovasi gedung PWI Sumut senilai miliaran rupiah, berhasil meraih tempat terhormat pada Porwanas PWI dengan tiga perak dan dua perunggu, UKW sepanjang periodisasi 2015-2020 sebanyak 30 kali dengan melahirkan lebih seribu wartawan profesional (kompeten).

Selain itu pada masa kepemimpinan Hermansjah juga berhasil memasukkan tiga anggota PWI Sumut menjadi pengurus PWI Pusat, yakni Penasehat HM Yazid (LKBN Antara) dan dua di kepengurusan komisi yakni almarhum H. Ali Murthado, SAg, M.Hum (Analisa) di Komisi Penyiaran dan Pendidikan serta Dr. Dedi Sahputra,MA (Waspada) di Komisi UKW PWI Pusat.

Pemekaran kepengurusan PWI Kabupaten/Kota dari semula 9 menjadi 16 kabupaten/kota dan dua kepengurusan Pokja terdiri Pokja PWI Sibolga dan Pokja PWI Kota Medan.

Kemudian melanjutkan pembangunan 234 unit bangunan di komplek perumahan PWI Sumut. Semula telantar, selama lima tahun dilanjutkan pembangunan oleh perorangan dan 99 persen lahan dikuasai pemilik lahan. Satu kavling lahan dikuasai preman yang segera dibebaskan.

Terkait Koperasi karena ada ketentuan soal pembentukan badan hukum baru, badan hukum lama harus diubah sehingga terkendala saat menjalankan roda organisasi.

* Usulkan Nama Ibrahim Sinik

PWI Sumut juga mengusulkan nama pendiri Harian Medan Pos DR (HC) H. Ibrahim Sinik sebagai nama salah satu jalan di Kota Medan. Kemudian diputuskan nama Jalan Sutrisno/Antara Medan diubah menjadi nama Jalan H. Ibrahim Sinik.

Berhasil merenovasi bangunan Gedung PWI Sumut yang sudah hampir 30 tahun tak dirawat dan pada TA APBD 2018 direnovasi Pemprov Sumut senilai miliaran rupiah. Bangunan renovasi itu sempat beberapa kali terkendala saat kepengurusan sebelumnya dan terlaksana saat kepengurusan 2015-2020.

Selain mengantarkan PWI Sumut terbaik sebagai penyelenggara UKW dan mencalonkan Sumatera Utara sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) namun terkendala karena Covid-19.

* Visi dan Misi

Adapun visi dan misi yang diusung Hermansjah, SE bersama Dr. Dedi ialah tetap dan terus meningkatkan integritas dan profesionalitas melalui UKW, workshop, diklat dan seminar serta melibatkan anggota PWI yang punya kompetensi menjadi narasumber.

Selain itu asuransi jiwa akan dilaksanakan dengan memanfaatkan donatur pihak ketiga melalui koperasi (orangnya sudah ada dan bersedia menalangi biaya). Premi klaimnya Rp 10 Juta.

Pemberian paket Lebaran/Natal tetap dilanjutkan dan diwujudkan melalui bagi untung kegiatan usaha koperasi.

Meningkatkan prestasi Porwanas yang sebelumnya mendapat tiga perak (lari, bowling dan tenis meja) dua perunggu (tenis meja dan bilyard), serta rekrutmen atlet secara terbuka di daerah.

* Kelola Gedung PWI

Pasca renovasi Gedung PWI Sumut yang sudah representatif, Hermansjah akan mengupayakan pemberdayaan gedung untuk berbagai kegiatan yang sekaligus dapat mengisi Kas Keuangan PWI Sumut.

Renovasi Gedung PWI Sumut tersebut baru terjadi setelah hampir 30 tahun digunakan sejak Ketua PWI Sumut dijabat HM. Yazid, Almarhum Zaki Abdullah, Muchyan AA. Semuanya menjabat dua periode kepengurusan. Sampai masa Syahrir dan Hermansjah menjadi ketua berhasil mendapatkan dana renovasi senilai Rp 2,5 Miliar lebih meliputi pekerjaan konstruksi dan renovasi atap dan gedung secara keseluruhan yang dapat dinikmati kenyamanan hingga hari ini.

Termasuk perubahan fisik dari hanya sekedar lapangan badminton menjadi aula gedung persewaan dan serbaguna. Namun pembangunan fisik saja tak cukup karena masih ada perlengkapan gedung yang belum dimiliki termasuk alat pendingin dan sejumlah fasilitas gedung lainnya yang diharapkan dalam masa periodesasi kedua dapat diajukan anggaran kelengkapannya melaui hibah APBD 2020-2025.

Kemudian Hermansjah juga menyatakan akan terus mengawal pembangunan perumahan PWI Sumut di Jalan PWI Gg Tawon, Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang, serta menambah dua lokasi lahan perumahan seluas 30 hektar di Jalan Jermal XV Percut Sei Tuan dan 30 hektar lagi di Lingkungan X, Purwasari kelurahan Kuala Bingai, Stabat Kabupaten Langkat.

Selanjutnya Koperasi PWI Sumut diharapkan keberadaannya di masa mendatang dapat menjadi soko guru ekonomi keluarga besar PWI Sumatera Utara.

“Untuk itu melalui pengelolaan profesional diharapkan dapat memberdayakan sektor ekonomi menjadi bagian peningkatan kesejahteraan anggota PWI Sumatera Utara tentunya melalui perolehan dana yang halal,” ungkap Hermansjah, SE.||| Damos Simatupang

 

 

Editor : Zul/rillis