Edy Rahmayadi Resmikan Masjid Gubsu di Komplek Rumah Dinas

168

PI NEWS.com.MEDAN ||| Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi, meresmikan masjid yang berlokasi di dalam komplek rumah dinas gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Jumat (17/01/2020).
Masjid itu ia namai Masjid Gubsu (Masjid Gubernur Sumatra Utara). “Namanya saya beri Masjid Gubsu, Masjid Gubernur Sumatra Utara. Edy tak selamanya jadi gubernur, tapi siapapun gubernur nantinya (yang Muslim), ini adalah masjidnya,” ujar Edy.

Peresmian masjid yang dapat menampung hingga 500 jamaah itu, ditandainya dengan mengucapkan bismillah dan menandatangani prasasti serta pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis Edy Rahmayadi.

Hadir sejumlah unsur Forkopimda, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut, para ASN, Ketua MUI Sumut, Abdullah Syah, pengurus FKUB Sumut dan kalangan anak yatim piatu.

Disebutkannya, masjid di Sumut selama ini sebanyak 10.748. Hadirnya Masjid Gubsu itu bertambah menjadi 10.749. Karenanya dengan diresmiknnya masjid itu, diharapkan Edy semakin memperkuat iman kaum muslimin dan muslimat.

Menurutnya keberadaan masjid itu menjadi sangat penting, apalagi karena juga mempermudah masyarakat sekitar Kelurahan Anggrung Medan Polonia beribadah shalat 5 waktu. “Tidak hanya shalat lima waktu, kalau ada kegiatan seperti tausyah, juga boleh di sini,” ujarnya mengundang masyarakat setempat.

Seusai peresmian, masjid itu langsung digunakan shalat jumat. Itu adalah shalat jumat pertama. Gubernur, undangan dan para jamaah, tampak memenuhi bagian dalam dan luar masjid.

Sebelumnya Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprov Sumut, M Fitriyus, melaporkan bahwa masjid itu dibangun menggunakan APBD 2019 dan P-APBD 2019 dengan total sekitar Rp 1,353 miliar. Konstruksinya dimulai Juni 2019 dan rampung pada November 2019.

Diceritakannya sejarah pembangunan masjid itu bermula dari kunjungan Edy Rahmayadi meninjau rumah dinas gubernur seminggu setelah dilantik pada September 2018.

Mendapati bahwa belum ada masjid di rumah dinas, Gubernur Edy dalam arahannya ketika itu, sebut Fitriyus, meminta Biro Umum dan Perlengkapan membangun masjid.

“Dan pada progres pembangunannya, Pak Gubernur Edy aktif memantau hingga rampung dan insyaallah diresmikan penggunaannya pada hari ini,” pungkas Fitriyus.||| Zul

Editor : Zul