Dukung Pariwisata Danau Toba,Kemenhub Luncurkan Lagi Kapal Ro-Ro II Rute Balige-Onanrunggu

243

PI NEWS.com.TOBASAMOSIR ||| DIREKTUR Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Irjen Pol Drs Budi Setiady, SH Msi kembali meluncurkan kapal fery jenis Ro-Ro 300 Gross Tonage (GT) di Pantai Pasir Putih Desa Parparean II, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara, Sabtu (9/11/2019)

Kapal Ro-Ro ini akan melayani rute Balige (Tobasa) ke Onan Runggu (Samosir).

Budi Setiady juga menyampaikan sejak dua tahun terakhir ini telah banyak melakukan upaya peningkatan pembangunan infrastruktur dan perbaikan kapasitas pelayanan umum di Kawasan Danau Toba, baik perbaikan kapasitas bagi kapal tradisional yang ada di kawasan Danau Toba.

Kemenhub telah persiapkan Anggaran sebesar 700 miliar untuk tahun 2020 dari APBN termasuk untuk membangun dermaga dimasing-masing Kabupaten seputar Danau Toba, lalu akan ada Kapal Ro-ro ke III kapasitas 200 GT dan dua unit Kapal Wisata penyeberangan jenis Katamaran.

Dirjen juga menyampaikan jenis kapal Katamaran 200 GT berlambung dua dengan tujuan untuk mengangkut para wisatawan, Katanya.

Sementara itu Direktur ASDP Ir Chandra Irawan menyampaikan bahwa pembangunan Kapal Roro II 300 GT yang diluncurkan hari ini yang bersumber dari dikerjakan selama 15 bulan dan akan fix awal Desember mendatang. Katanya.

Chandra Irawan juga menyampaikan sempat
ada perubahan design dari yang sebelumnya agak besar menjadi diperkecil dengan dana dari awal 34 M menjadi 31 M dengan desain interior yang lebih mewah

Dari penjelasan Dirjen Budi disebut bahwa Kapal RORO ini dikerjakan oleh PT DOK BAHARI NUSANTARA berkapasitas 180 orang penumpang, ALT Truck muatan 10 ton sebanyak 12 unit Jenis Sedan/MPV/SUV 1.5 ton 3 unit
ALT.02 MPV/Sedan/SUV 1.5 ton
sebanyak 21 unit Ukuran Utama 39,38 m, LPP 34.50, B 11 m, H 3.30 m, T 2.30 M, vs 9 Knots, ABK 10 orang.

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, mengapresiasi pemerintah pusat yang telah memberikan perhatian besar bagi kawasan Danau Toba.

“Kita harapkan transportasi dari Tobasa ke Samosir pada saat musim lebaran dan Natal sampai jelang Tahun Baru 2020 dapat terlayani dengan baik. Ujar Darwin.

Bupati juga meyampaikan permohonannya kepada Dirjen Budi, dengan meminta pemerintah pusat untuk membangun galangan kapal permanen di Parparean sehingga kapal kapal ini kelak bisa naik Docking dan Tobasalah yang memiliki itu kelak, Katanya.

Kepada pak Dirjen Budi, Darwin juga bermohon agar nama kapal RORO ini menjadi kapal Porapora untuk mendampingi nama kapal Ihan Batak yang kini beroperasi di Ajibata-Tomok.

Direktur PT Dok Bahari Nusantara, Sophan Sophian, ST Mengucapkan terimakasih kepada Dirjen Perhubungan Darat yang selama ini konsisten pembangunan kapal. Diakuinya, kepercayaan yang diberikan kepada PT Dok Bahari Nusantara sangat berpengaruh terhadap kesinambungan perusahaan perkapalan tersebut.

Selain disaksikan ratusan warga setempat bersama insan media, acara peluncuran kapal RORO ini juga dihadiri Kepala Balai BPTD Wilayah II Sumut Putu Sumarjaya, MSc, Humas BPTD Wilayah II Sumut Ardiansyah Nasution, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Ir Abdul haris Lubis, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Kapolres Toba Samosir AKBP Agus Waluyo, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Oppusunggu, Kapolres Samosir AKBP M Saleh, Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen, Kejari Toba Samosir Robinson Sitorus, UPTD Dishupsu TB Simanjuntak bersama dengan tokoh masyarakat Toba Samosir.

Sebelumnya telah dilakukan upacara adat Batak Toba berupa ‘Boras si pir ni tondi’ dan pemecahan telur di bagian lambung kapal melambangkan agar operasional kapal Roro ini selalu berjalan baik dan diberkati Tuhan.

Usai upacara adat dilanjut dengan memnekan tombol sirene pertanda Kapal RORO itu diluncurkan dan berjalan dengan baik, “Horas,,, Horas,,,Horas” dan selamat berlayar, Ujar Dirjen Hubdat, Irjen Pol Drs Budi Setiady, SH Msi. ||| JESHOTANG

Editor : Zul