“Ditlantas Poldasu dan Jasa Raharja Cab.Sumut Bersama BPTD WIL-II Sumut,Adakan Giat Bersih Marka Lalin dikota Medan.”

163

Berita PI-News.com.(13/8/19).

Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara bersama Ditlantas Poldasu, Jasa Raharja Cabang Medan, Organda Sumut dan stakeholder terkait lainnya melaksanakan aksi bersih-bersih perlengkapan lalulintas jalan di Jalan Djamin Ginting hingga UPPKB Sibolangit, Selasa (13/8/2019).

Kepala Balai Putu Sumarjaya MSc dalam kesempatan itu menyampaikan kegiatan dilalsanakan dalam rangka HUT Kemerdekaan, Hari Perhubungan Nasional dan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa rambu lalulintas itu berkaitan langsung dengan keselamatan berkendara dan demi kelancaran masyarakat di jalan raya.

“Ada 2 taget yang akan kita capai. Yaitu, kita mengembalikan fungsi rambu-rambu sehingga yang rusak bisa diperbaiki dan yang sudah kotor bisa dibersihkan. Yang kedua kita menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa rambu-rambu itu penting. Fungsunya untuk meningkatkan keselamatan. Jangan sampai dirusak. Jaga terus kebersihan kerapiannya,” jelasnya.

Putu tidak menampik bahwa tingkat kesadaran masyarakat terhadap rambu lalin masih cukup rendah. Karena itu ia menargetkan ada 200 rambu di Sumut yang akan dibersihkan. Tersebar di 9 titik di Jembatan Timbang di Sumut.

Sementara itu, Kasi Audit dan Inspeksi Ditlantas Poldasu Komisaris J Sembiring menyampaikan dukungannya dengan aksi ini bahwa pemeliharaan rambu sangat penting dilakukan dan harus mendapatkan dukungan sepenuhnya dari masyarakat.

“Kita membantu Dishub untuk melakukan kegiatan bersih-bersih perlengkapan rambu-rambu lalu lintas jalan secara nasional ini. Kita juga menundukung sepenuhnya kegiatan ini agar masyarakat paham dan mengerti betapa pentingnya rambu-rambu itu,” ujarnya.

Maka dari itu, kata Sembiring, dalam aksi ini melibatkan segenap stakeholder terkait guna memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya rambu lalin tersebut.

Kepala Cabang Jasa Raharja Sumut Ifriiyantono SE didampingi Pahala Hendra Hutabarat Kasubag Adiministrasi dan Santunan menyampaikan aksi peduli yang sangat baik untuk kurangi tingkat kecelakaan di Kota Medan khususnya dan Sumut pada umumnya.

Kepala Cabang menjelaskan sampai saat ini angka kecelakaan lalulintas trendnya alami penurunan, tetapi fatalitas yang terjadi relatif lebih tinggi, sehingga dana santunan yang harus dibayarkan Jasa Raharja ikut naik.

“Aksi bersih-bersih rambu ini sangat positif untuk meminimalisir angka kecelakaan berikut dampak yang ditimbulkannya, seperti kematian, cacat, luka berat dan lain sebagainya,” katanya.

Jasa Raharja berharap dengan semakin bersihnya rambu lalu lintas dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas di jalan raya dan yang terpenting meningkatkan keadaran masyarakat dalam berlalulintas.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 WIB di rambu lalu lintas yang berada di sekitaran Fly Over Jalan Jaminginting dilanjutkan dengan membersihkan, mengecat rambu yang agak buram. Ada beberapa dibersihkan dari ranting pohon, tali, spanduk yang menutupi rambu sehingga dapat lebih mudah dilihat serta diperhatikan oleh masyarakat.

Sementara beberapa warga yang menyaksikan kegiatan itu sangat mendukung kegiatan tan yang dilaksanakan tersebut. Dengan aksi bersih-bersih ini diharapkan keberadaan rambu dan penunjuk jalan dapat terlihat jelas serta meningkatkan kehati-hatian masyarakat dalam berkendara.(Ardiansyah).