Direskrimsus Poldasu Ringkus Pelaku Perdagangan Bagian Tubuh Satwa Dilindungi

131

Potret Indonesiaku.com.MEDAN ||| Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara meringkus seorang pelaku perdagangan bagian tubuh satwa dilindungi pada Minggu (27/1/2019). Pelaku berinisial IS tertangkap tangan menjual kulit harimau Sumatera (Phantera Tigris Sumatrae) di kediamannya di Dusun Pantai Gadung, Desa Bukit Mas, Kecamtan Besitang, Kabupaten Langkat.

“Pelaku ditangkap berawal dari informasi warga,” sebut Direktur Reskrimsus Polda Sumut, Kombes Pol Rony Samtana, Kamis (31/1/2019).

Rony mengatakan menerima informasi itu, unit Tipiter DItkrimsus Polda Sumut melakukan penyidikan. ‘Petugas berhasil berkomunikasi dengan pelaku menyamar sebagai pembeli. Lalu saat transaksi dengan yang bersangkutan. Lalu, kami melakukan penangkapan terhadap IS,” kata Rony.

Ternyata setelah rumah pelaku digeledah, petugas juga menemukan kulit Harimau Dahan. Dua lembar kulit satwa dilindungi yang masih dalam keadaan utuh itu rencananya akan dijual dengan harga Rp17 juta per lembar.

“Ada saat dilakukan penangkapan ditemukan di dalam rumahnya satu kulit harimau Sumatera utuh dan saat dilakukan penggeledahan juga ditemukan kulit macan dahan utuh. Harga yang dijual oleh IS untuk kulit harimau Rp 17 juta,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan dari petugas, IS mendapatkan kulit harimau dari H dan R yang berdomisili di Kuala Simpang dan Langkat. Saat ini kedua orang tersebut sedang dalam pengejaran pihak kepolisian.

“Pelaku mengaku belum lama menjalankan bisnis ini. Pengakuan sementara tersangka hanya menjual kulit harimau. Tersangka menerima kulit harimu dari pemburu,” ungkap Rony.

Selanjutnya, 1 lembar kulit harimau Sumatera dan 1 lembar kulit macan dahan tersebut disita dan diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumut. ||| Benni Simamora

Editor : Zul