Dinkes Provsu Sosialisasi Advokasi KTR di Labuhanbatu

248

Potret Indonesiaku.com.RANTAUPRAPAT ||| Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan Sosialisasi Advokasi Kawasan Tanpa Asap Rokok ( KTR),Kamis (15/11) bertempat Di Aula Puskesmas Kota Rantauprapat. Advokasi KTR dibuka Kadis Kesehatan Labuhanbatu melalui Kasubbag Keuangan Sarono yang didampingi Kepala Puskesmas Kota Rantauprapat Dr.Tiana Molhaini Siregar.

Kegiatan ini diikuti peserta Dari beberapa instansi yang mempunyai peran dalam rangka menyukseskan terlaksananya advokasi Kawasan Tanpa Rokok khususnya di Kabupaten Labuhanbatu.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara yang menghadirkan Narasumber Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Tidak Menular ( PPTM) Hery Valina B.Ambarita, S.Kp,M. Kes, Dr.Andi Hakim Nst, Okay Syahputra Harianda, dan Windy Utari Lumbantobing,SKM.

Hery Valina dalam paparannya mengatakan Dari 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara baru 13 daerah yang sudah memiliki Perbub/ Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), belum termasuk Kabupaten Labuhanbatu. Dengan adanya sosialisasi ini Hery berharap Pemkab Labuhanbatu segera dapat berbenah untuk membuat Peraturan Bupati ataupun Peraturan Daerah yang mengatur KTR ini Demi menyelamatkan generasi muda yang berusia 18 tahun kebawah dari bahaya asap rokok yang mengandung zat adiktif.

Oka Syahputra Harianda juga menekankan untuk mewujudkan advokasi Kawasan Tanpa Rokok Di Labuhanbatu Harus melakukan jejaring Antar lembaga,elemen masyarakat, berkolaborasi Satu dengan yang lain untuk menyamakan persebsi sehingga Pemkab Labuhanbatu dapat merumuskan Dan tertuang salad Perbub atau Perda.

Menurut Oka, sebenarnya pemerintah sudah membuat Peraturan Pemerintah No.109 tahun 2012 tentang Larangan Penjualan rokok kepada anak Dan Undang-Undang No.36 tahun 2009 tentang Kesehatan, yang mengatur Bahwa Pemerintah Daerah “Wajib Menetapkan Kawasan Tanpa Rokok”. Jadi tidak ada Alasan bagi Pemerintah daerah untuk Menundanya, demi menyelamatkan Generasi muda kita yang sehat ke depan, Ungkap, Oka.||| Ojak.H

Editor : Zul