Didampingi Bupati Simalungun Gubsu Buka FDT Ke 7 Dengan Sensasi Rekor Muri Untuk 1024 Ulos Sulampei

294

PI-NEWS. COM.PARAPAT ||| Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Ramayadi didampingi Bupati Simalungun JR Saragih, Walikota Siantar Hefriansyah dan sejumlah undangan yang tergabung dalam organisasi perangkat daerah bersama Partuha Maujana Simalungun secara resmi membuka event Festival Danau Toba (FDT) ke 7 dengan mengusung Thema ‘Inspiring Toba’, di Pagoda Openstage Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolong, Kabupaten Sinalungun Sumut, Senin (9/12/2019) jam 15.30 Wib.

Gubernur yang hadir sekitar pukul 15.00Wib, mengawali ke giatannya dengan menggoreskan kuas lukis dikanfas yang sudah disediakan di Room Inna Parapat Hotel, lalu goresan kuas perdananya itu dijadikan lukisan yang menggambarkan Danau Toba demikian juga dengan goresan dari tangan Bupati Simalungun JR Saragih yang dilanjutkan pelukis lainnya dengan menggambarkan keindahan alam Danau Toba.

Dari lima prioritas destinasi wisata Nasional, Danau Toba menjadi Super Prioritas. Maka Danau Toba terindah ini akan tetap menjadi maestro Festival Danau Toba dan mengundang luar negeri untuk ikut berfestival.

Maka Bapak Presiden Joko Widodo tidak salah membuat dan menjadikan Sanau Toba menjadi Super Prioritas, Ujar Gubsu.

Maka janganlah merusak keindahan danau Toba dan jagalah martabat kita dan martabat Sumut, untuk itu saya akan mengadakan evaluasi pelaksanaan Festival Danau Toba, dan jangan pernah ada yang mencoba mengecilkan nama Danau Toba, dan jangan sembunyi dibalik nama besar Danau Toba, maka mari besarkan nama Danau Toba ciptaan dan pemberian Tuhan yang maha kuasa ini. Ujar Gubsu.

Sementara itu Bupati Simalungun JR Saragih dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih banyak atas dipercayakannya Kabupaten Simalungun menjadi tuan Rumah FDT ke 7, dan kiranya dalam pelaksanannya yang digawangi Disbudpar Provsu berkerjasama dengan DisparBud Simlubgun menjadi satu kesatuan guna mendukung promosi Danau Toba dan event ini menjadi hiburan rakyat lengkap dengan sejumlah hadiah kepada peserta lomba, diantaranya Maraton 10K, Lomba Solu Bolon dan lainnya.

Event FDT yang dihadiri pimpinan kepala daerah sekawasan Danau Toba, dan disaksikan yang mewakili Konjen Negara Cina. Konsulat Jerman
Komjen Belanda , Konsulat Malaysia, Komjen Jepang duduk berdampingan dengan Dirut BPODT Arie Prasetyo sekaligus mewakili Menteri Pariwisata.

Kegiatan yabg dihadiri ribuan Warga berbaur dengan Wisatawan Nusantara dan Mancanegara saksikan pembukaan Festival Danau Toba.

FDT ini dihibur artis Jakarta, Joy Tobing, dan sebelumnya dihibur sejumlah kreasi tarian diantaranya Tor Tor Sawan dan lomba pemasangan ulos Simalungun jenis Sulampei sejumlah 1.024 bersama siswa daei Simalungun, Siantar dan Parapat.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Sumut Dr Ria sebelumnya telah menyampaikan laporannya sebagai ketua umum dan FDT ini berlangsung sampai tabggal 12 dikota Patapat, besok ada lomba solu bolon dan jenis lomba lainnya, Kata dr Ria.||| JESSIHOTANG

Editor ; Zul