Darwin Umumkan Pemberian BPK RI Perwakilan Sumut

153

PI-News.com TOBA ||| Demikian disampaikan Bupati Toba, Darwin Siagian saat menggelar konfrensi Pers di pelataran Kantor Bupati Toba, Jumat (17/4) sekira pukul 13.30 WIB.

“Tadi pagi sekira pukul 10.00 WIB, BPK RI perwakilan Sumut telah memberikan hasil audit mereka tahun 2019. Adapun laporan mengacu pada laporan keuangan Pemkab Toba tahun 2019 sudah sesuai Standard Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan Sistem Pengendalian Internal (SPI) sudah efektif dan memadai,” ujar Darwin.

Lanjut Darwin, Demikian halnya dengan kecukupan pengungkapan informasi sudah bisa disajikan dengan baik meski belum sempurna. Dan kepatuhan terhadap undang undang yang berlaku.
“Laporan keuangan dapat kita selesaikan secara tepat waktu, bahkan lebih cepat satu bulan dari batas waktu. Kita nomor tiga di Sumut setelah Kabupaten Asahan dan Kota Madya Siantar,” imbuhnya.
Meski demikian,Darwin mengaku apa yang mereka lakukan belum sempurna. Masih ada temuan-temuan lainnya yang akan ditindaklanjuti secepatnya.

“Memang masih ada temuan temuan yang akan kita tindak lanjuti dalam 60 hari ke depan.
Atas dari itulah BPK membuat kesimpulan Wajar Tanpa Pengecualian. Ini yang keempat kalinya kita peroleh secara berturut turut. Kita bertekad untuk meningkatkan raihan ini di tahun – tahun mendatang,” paparnya.

Sebagai daerah penerima WTP tiga kali berturut-turut, tahun lalu Pemkab Tobasa telah menerima dana insentif daerah sebesar 42 Miliar.
“Dengan keempat kali ini, diharapkan di tahun 2021 bisa bertambah dana insentif diatas 42 Miliar,” pungkas Darwin.
Ketua DPRD Toba, Efendi Napitupulu, SE dalam kesempatan yang sama mengapresiasi status WTP yang diraih Pemkab Toba.
“Kami mengapresiasi karena ini bukan tugas yang gampang. Kedepannya, besar harapan kami kita bergandengan tangan agar hasil laporan keuangan kita di tahun mendatang bisa lebih baik,” kata Efendi mengakhiri.

Turut hadir, anggota DPRD Toba Sabaruddin Tambunan, Inspektur Wallen Hutahaean, Kepala Dinas Infokom Lalo Simanjuntak, Kepala BPKAD Ganyang Situmorang.||| Tanda

Editor : Zul