Danau Toba Berselimut Awan,Komunitas Wartawan dan Muspika Bagikan Masker Pada Wisatawan

243

PI NEWS.com. SAMOSIR ||| Merebaknya ‘kabut asap kiriman’ dari dari Daerah tetangga , membuat Komunitas Wartawan Parapat bersama Camat Girsip Eva Suryati Uli Arta Tambunan S.Kom, Msi. Kapolsek Parapat AKP Irsol, Kanit Lantas Polsek Parapat Ipda Henri Koto , Kanit Provos Aiptu Maruli Sinaga kompak bagikan Masker pengaman hidung kepada Wisatawan nusantara maupun mancanegara, termasuk kepada warga setempat di gerbang kota Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Senin ( 23/9 ) Jam 15.00.wib.

Danau Toba yang beberapa hari ini mulai ‘berselumut kabut’ secara khusus Kota Tourist Parapat, bahkan sudah semakin darurat dnegan jarak pandang dibawah radius 500an meter sudah mulai mengganggu pandangan, bahkan mengganggu sejumlah armada danau dan sangat mengganggu pernafasan (Ispa).

Kami pantau beberapa minggu terakhir ini kabut asap menyelimuti seluruh kawasan Danau Toba, dan hari terakhir ini Pulau Samosir yang berjarak radius sekitar delapan kilometer seakan hilang dari tatapan mata akibat asap yang semakin menebal.

Melihat dari keresahan ini, secara sporadis Komunitas Wartawan yang betugas di Kota Tourist Parapat masing masing Effendy Bakkara dari Media Suantar News 24 Jam, Linggom Parhusip dari Harian SIB, Karmel Sitanggang media Bukti Pers, Jesron Sihotang media Potret Indonesia, Ramsiana Gultom media Wapada, Hery Silalahi media Siantar New 24 Jam dibantu para tenaga medis dari RSU IGD Parapat dan Puskesmas Parapat bersama turun kejalan bagikan masker demi kesehatan.

Camat Girsip Eva Suryati membagikan masker kepada sejumlah wisatawan dari negara tetangga Malaysia Sir Varym (32), memgucapkan terimakasih dan menyampaikan, keprihatinannanya dengan menyebarnya asap tersebut hingga meluas sampai ke Danau Toba, “Awak prihatinlah dan kecewa tak dapat spot Photo Danau Toba yang lebih baek lagi”. Katanya.

Salah seorang warga Parapat M Pardede menyampaikan, kepedulian ini bukan dinilai mahalnya bantuan yang diberikan akan tetapi tingkat kepedukian bersama dan keprihatinan kita atas musibah kabut asap ini sudah mulai mengganggu aktifitas dan dan kesehatan kita, Saya juga salut kepada para kaum jurnalist yang bertugas di Parapat, semoga prakarsa dan partisipasi sekaligus kepeduliannya dalam membagikan ribuan masker kepada masyarakat bermanfaat dengan baik, Ujar Pardede.

Ketua OPS Marihat Urupan Sitanggang mengatakan ” Akibat kehadiran Kabut asap kiriman ini, sejumlah pelayaran transpotasi angkutan Pelayaran kapal di Danau Toba sangat terganggu, bahkan sebahagian wisatawan merasa enggan untuk menyeberang ke Pulau Samosir.

Untuk itu bagi seluruh para awak Nakhoda kapal yang melayani wisatawan agar menyiasati kondisi alam dengan penambahan bahan bakar (BBM) bagi setiap kapal siapa tau nyasar dan menambah panjang rute berlayar, sekaligus menghimbau agar setiap kapal memperlengkapi alat komunikasi radio, alat penunjuk arah seperti Kompas maupun pelampung agar setiap wisatawan dari Parapat dan ke Pulau Samosir tetap merasa nyaman. Kata Urupan.||| Jes Sihotang

Editor : Zul