Dalam Waktu Dekat,Tobasa Akan Dikunjungi Raja dan Ratu Belanda

260

PI-NEWS.COM TOBASA |||| Menjelang kedatangan Raja dan Ratu Belanda ke Kabupaten Toba Samosir tanggal 13 Maret mendatang, Bupati Tobasa Darwin langsung memimpin rapat persiapan di Aula Kantor Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan , Jumat 31/1/2020.

Dalam rapat tersebut membahas tentang pembenahan fisik, dan pesta adat. Bupati Tobasa Darwin Siagian menerangkan tentang rencana kedatangan Raja dan Ratu Belanda ke Tobasa khususnya Dusun Siambat Dalan dan Bukit Singgolom. “Tanggal 13 jam 11 siang rombongan Raja dan Ratu Belanda akan mendarat di Silangit dengan 3 pesawat yakni 1 pesawat kerajaan dan 2 pesawat carteran sekitar 100-150 orang. Di Bandara Silangit Raja dan Ratu Belanda akan di sambut Menko Luhut, Menpar, Gubsu, Kapoldasu, Pangdam I BB, Bupati Taput, Himbahas.

Di Dusun Siambat dalan disambut Bupati ,Forkopimda Tobasa dan tokoh masyarakat, dan di lokasi yayasan DEL akan disambut Rektor It. Del,” jelasnya.

Ditambahkannya setelah meninjau di Dusun Siambat Dalan , rombongan akan berswaphoto di Bukit Singgolom dan perjalanan di lanjutkan di It. Del. Dari It Del akan berangkat ke pelabuhan Balige menuju Pulau Samosir.
Kadis Pariwisata Jhon Piter Silalahi didampingi Alfonso Manik menerangkan tentang beberapa upaya yang dilakukan untuk pembenahan fisik. “Dusun Siambat dalan akan ditata seasli-aslinya dan dirapikan, jalan masuk kedusun akan dirabat beton, halaman dusun di buat paving blok, pembuatan wc pengecatan rumah adat dan di Singgolom akan dibagun 10 tempat duduk dan pembenahan Bukit Singgolom,” jelasnya.

Untuk pesta adat mewakili tokoh adat desa Lintongni Huta Janter Simanjuntak mengatakan akan mengadakan acara mangakahat horbo. ” Diperkirakan sekitar 700 orang akan ikut serta dalam acara ini, tokoh adat Kecamatan Tampahan didampingi Forkopimda akan mengulosi Raja dan Ratu Belanda,” jelasnya
Mewakili perantau, Humala Simanjuntak yang juga mantan Ketua PN Maluku meminta masyarakat untuk turut berpartisipasi bersama-sama Pemda Tobasa membangun Desa Lintong Nihuta. “Mari kita tingkatkan pembangunan dengan kebersihan dan disiplin ,” katanya.

Turut dalam acara tersebut Kadis Kominfo Lalo Simanjuntak, Kadis Ketapang Marsarasi Simanjuntak, Kadis Lindup Mintar Manurung, Kabag Ekon Eston Sihotang, Camat Tampahan Freddy Panjaitan, Kades Lintong Nihuta Holong Simanjuntak dan puluhan undangan lainnya.||| Tanda

Editor : Zul