“BKD.KAB.PAKPAK BHARAT Bersama BPSDM Gelar Latsar CPNS 2019 DIBalDik Cikaok”

304

Pakpak Bharat, Potretindonesianews.com (8/10/19)

Berdasarkan UU nomor 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Merujuk pada ketentuan Pasal 63 Ayat (3) dan Ayat (4), Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pakpak Bharat bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara menggelar Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) Golongan III & II, Gelombang XII, Angkatan 39,40,41 Di Balai Diklat Cikaok, yang bertempat di Desa Cikaok, Kecamatan Sitelu tali Urang Julu (STTU Julu), Kabupaten Pakpak Bharat, Senin (7/9).

Sejalan dengan ditetapkannya Undang Undang Tersebut, CPNS Wajib menjalani masa percobaan yang dilaksanakan melaui proses pelatihan Terintegrasi untuk membangun Integritas Moral, Kejujuran, Semangat dan Motivasi Nasionalisme dan Kebangsaan, Karakter Berkepribadian yang Unggul dan Bertanggungjawab, Memperkuat Profesionalisme Serta Kompetensi Bidang. Diperlukan sebuah penyelenggaraan Pelatihan yang Inovatif dan Terintegrasi yaitu penyelenggaraan pelatihan yang memadukan Pembelajaran Klasikal dan Nonklasikal ditempat Pelatihan dan ditempat Kerja, Sehingga Memungkinkan peserta mampu menginternalisasi menerapkan dan mengaktualisasikan serta membuatnya menjadi Kebiasaan (Habitiasi), dan merasakan manfaatnya sehingga terpatri dalam dirinya sebagai karakter PNS yang Profesional sesuai dengan Bidang Tugas.

Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA dalam hal ini diwakili Oleh Sekda kab. Pakpak Bharat, Sahat Banure, S.Sos, M.Si saat membacakan sambutannya pada Upacara Pembukaan Pelatihan Latsar di Balai Diklat Cikaok Mengatakan, Dirinya sangat berterimaksih Kepada BKD Pakpak Bharat dan BPSDM Sumut yang telah menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS digelar Perdana di Kabupaten Pakpak Bharat, ia berharap dengan digelarnya pelatihan tersebut dapat memghasilkan PNS yang profesional, berkarakter dalam melaksanakan tugas dan jabatannya sebagai pelaksana kebijakan Publik, Pelayan Publik, Perkat dan Pemersatu Bangsa.

“Saya berharap dengan hadirnya generasi milenial dapat menjadi energi baru dan harapan baru bagi Pemkab Pakpak Bharat untuk menjadi lebih baik dengan landasan Visi dan Misi Kabupaten Pakpak Bharat, selain itu kami berharap juga putra Putri yang diterima sebagai CPNS dalah Generasi bangsa yang mampu menguasai teknologi informasi yang tinggi.

Kreatifitas dan kecepatan bekerja merupakan modal generasi milenial ASN untuk berkontribusi dalam perbaikan Kinerja Birokrasi. Bekerjalah sesuai dengan Peraturan Perundang ungan dan Nilai nilai Moral ” Pinta Bupati.

Sementara itu Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya manusia (BPSDM) Prov. Sumatera Utara dalam hal ini diwakili oleh Dr. Kaiman Turnip, M.Si menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat yang telah berkerja sama dengan BPSDM atas terselenggaranya Pelatihan CPNS bagi golongan III angkatan II ini, kedepan kerjasama kedaulatan dalam berbagai bentuk perlu dikembangkan secara berkesinambungan mengingat peningkatan kompetensi sumber daya manusia aparatur sipil negara adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Sartono Padang, S.Sos, MM,Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pakpak Bharat, menjelaskan Peserta yang akan mengikuti Latsar CPNS pada Golongan III dan II Gelombang XII, 39, 40,41 di ikuti oleh 196 peserta dan yang akan mengikuti Latsar Perdana di Balai Diklat cikaok terdiri dari 100 peserta tenaga Guru, 10 Peserta Tenaga Teknis, 9 Peserta Tenaga Kesehatan dan selebihnya akan mengikuti Dijadwal selanjutnya, Kegiatan Latsar dilaksanakan selama 51 Hari yaitu 18 hari Akan dilaksanakn On Campus dan 30 Hari dilaksanakan Of Campus, Pada saat On Campus peserta wajib menginap di Asrama Balai Diklat Cikaok.

Menurut Sartono ,Pelatihan dasar CPNS ini merupakan salah satu syarat bagi PNS untuk dapat diangkat menjadi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat. Ditambah lagi Kegiatan yang digelar di balai Diklat Cikaok ini adalah Kegiatan Perdana yang digelar Dikabupaten Pakpak Bharat sendiri dan menggunakan Fasilitas Daerah Kabupaten Pakpak Bharat, Dirinya berharap dengan adanya kegiatan Perdana ini,

Daerah Diluar kabupaten Pakpak Bharat juga dapat melaksanakan Kegiatan Serupa di Kabupaten Pakpak Bharat dan menggunakan Fasilitas Diklat yang Dianggap BPSDM sudah layak, Sehingga Kabupaten Pakpak Bharat juga dapat lebih dikenal diluar sana melalui Kegiatan Tersebut.
“Latihan dasar dilakukan untuk mengubah pola perilaku dan menset peserta diklat agar mampu menjadi pelayan publik yang profesional ketika mereka kembali ke dunia kerja pelatihan berdasar diharapkan menjadi jawaban atas Diklat CPNS yang selama ini hanya dianggap sebagai formalitas belaka.

Selanjutnya dengan kegiatan perdana yang sudah kita gelar ini, kita berharap akan ada kabupaten lain yang akan melaksanakan kegiatan serupa di Balai Diklat kita ini, sehigga nanti Dengan Sarana yang Sudah dianggap Layak dapat membawa nama Kabupaten Pakpak Bharat lebih dikenal lagi di Daerah-daerah Diluar Kabupaten Pakpak Bharat” terang Sartono.

Sartono juga menambahkan BKD Kabupaten Pakpak Bharat juga telah Membuat kerjasama dengan Pihak Kodim 0206 Dairi untuk melatih Peserta Latsar CPNS dalam melatih disiplin dan Penerapan Wawasan Kebangsaan Bela Negara.

Pada kegiatan Upacara Pembukaan Latsar CPNS tersebut, Sekda Kabupaten Pakpak Bharat bersama Mewakili Kepala BPSDM sumut, Kapolres Pakpak Bharat dan Dandim 0206 Dairi secara simbolis menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta Pelatihan Dasar.

Reporter : Darianto Berutu