Babinsa 05/Tanah Pinem Awasi Stok Pupuk di Kios Pengecer

170

Potret indonesiaku.com | MEDAN///Guna mengetahui distribusi dan ketersediaan pupuk pertanian, Kodim 0206/DR melalui Babinsa Koramil 05/Tanah Pinem melakukan pengawasan stok pupuk di kios pengecer/distributor, Sabtu (11/8/18).

Adapun salah astu kios pupuk yang didatangi adalah, “UD Hendra” milik pengusaha Hendra Sembiring di Desa Pasir Mbelang, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi.

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa 05/Tanah Pinem Serda Harfika mendapat penjelasan dari pemilik kios pupuk Hendra Sembiring, bahwa selama ini ketersediaan stok pupuk aman dan telah tersalur kepada anggota kelompok tani yang terdaftar di kiosnya dengan lancar.

Selain itu, Serda Harfika juga mendapat penjelasan tentang manfaat dolomit bagi tanah, dimana salah satu fungsi dolomit sebagai penetral kadar asam dan penggembur tanah yang sangat bermanfaat untuk lahan pertanian.

Serda Harfika menyebutkan, kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui stok pupuk yang ada di kios pengecer dan sekaligus sebagai bentuk pengawasan terhadap penyaluran pupuk khususnya pupuk bersubsidi bagi petani.

“Ini bentuk pengawasan yang kami lakukan terhadap ketersediaan pupuk di daerah binaan,”ujarnya.

Menurutnya lagi, melalui pengawasan yang dilakukan, diharapkan ketersediaan pupuk terutama pada saat musim tanam bisa tepat sasaran kepada petani sesuai kebutuhannya.

“Ini kami lakukan untuk mencegah adanya penyelewengan dan penimbunan pupuk yang dilakukan pemilik kios pupuk khususnya pupuk bersubsidi,”ungkap Serda Harfika.///Junita Sihombing

Editor : Zul