Antisipasi Bencana, Polres Bersama BPBD Kab. Pakpak Bharat Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Alam

338

PI NEWS.com.PAKPAK BHARAT||| Antisipasi Bencana Alam dikabupaten Pakpak Bharat Akibat Cuaca Ekstrem di Ujung Tahun 2019, Kepolisian Resort Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara Bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pakpak Bharat menggelar Sosialisasi dan Praktek Simulasi Penanggulangan Bencana Alam.

Acara yang berlangsung di Mabes Polres Pakpak Bharat, Kamis (05/12/2019) dipimpin langsung oleh Kapolres Pakpak Bharat,Kapolres Pakpak Bharar, AKBP Alamsyah P. Hasibuan S.ik, MH.

Kapolres Pakpak Bharar, AKBP Alamsyah P. Hasibuan S.ik, MH dalam arahannya mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan oleh pihak Kepolisian Resort Pakpak Bharat untuk mensosialisasikan, mengedukasi dan simulasi penanganan saat menghadapi bencana alam dikabupaten Pakpak Bharat.

Sebab, menurut Alamsyah, wilayah Kabupaten Pakpak Bharat merupakan wilayah yang tercatat sebagai daerah rawan bencana Longsor mengingat beberapa titik di Kabupaten pakpak juga dikelilingi perbukitan dan sepanjang jalan lintas juga di kelilingi Jurang yang dapat berpotensi Longsor serta Pohon Tumbang.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, Personil Polisi, TNI, Pemerintah dan masyarakat Pakpak Bharat dapat lebih memahami cara penanggulangan saat menghadapi bencana longsor atau menolong saat Bencana terjadi” Ujarnya.
Menurutnya, personil yang telah ikut melaksanakan simulasi dapat membantu Pengaturan lalulintas seperti buka tutup jalan, supaya jalan tidak macet apabila terjadi bencana seoerti pohon tumbang dijalan, Sedangkan Sat Sabhara melakukan pemotongan pohon yang tumbang yang menutupi badan jalan raya, karena sudah tupoksi sat sabhara untuk melakukan patroli serta SAR terbatas.

Paling tidak, jelas dia menambahkan, para Anggota Polri dan Peserta simulasi tersebut dapat menyelamatkan diri dan menolong orang lain jika bencana Longsor dan pohon tumbang terjadi di wilayahnya.
Dalam kegiatan ini Polres pakpak bharat juga melibatkan BPBD Kabupaten Pakpak Bharat guna menjelaskan tata cara menggunakan Alat gergaji mesin atau tata cara menggunakan chainsaw dalam penanggulangan bencana alam.
” kami bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Pakpak Bharat berupaya memberikan pemahaman kepada Peserta Simulasi, khususnya personil yang ditugaskab di Kabupaten Pakpak Bharat untuk mengenalkan pertolongan saat terjadi Bencana “terangnya

Acara berlangsung lancar sejak pagi hingga menjelang siang, Terlihat hadir pada acara simulasi tersebut, Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Alamsyah P. Hasibuan S.ik., MH, Kadis BPBD Jibun Padang serta 3 anggota BPBD,Para Kabag polres Pakpak Bharat ,Para Kasat dan perwira Polres Pakpak Bharat, Serta seluruh anggota Polres Pakpak Bharat.|||Darianto Berutu

Editor : Zul