• Jelajahi

    Copyright © PotretIndonesiaNews.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Ads


    Kades Paluh Sibaji "Ayo kembangkan Rumpon Ikan " sebagai solusi Mencegah para nelayan menangkap Ikan diperairan laut negeri Ziran,,,

    Last Updated 2023-09-13T17:24:40Z

     

    Nasri alias Aci, Kades Paluh sibaji himbau dan ajak warganya untuk bersama-sama mengembangkan pembuatan Rumpon Ikan diperairan laut sekitar pantai Labu agar jumlah ikan banyak dan bermanfaat bagi masyarakat nelayan.

    POTRET INDONESIA NEWS.COMDELISERDANG.III 

    Kisah tertangkapnya para masyarakat nelayan  yang mencari nafkah di negeri Ziran Malaysia mengisahkan kisah piluh bagi warga desa paluh sibaji Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. dimana saat awak media mengkomfirmasi hal kisah piluh masyarakat nelayan tersebut kepada Kades Paluh Sibaji yakni Bapak Nasri senin 11 september 2023. Kadeepun menjelaskan secara terperinci.


    " Begini Ya Bang kita sudah mengetahui bahwa lebih kurang 420 kk masyarakat  Desa Paluh sibaji hampir 80% pekerjaannya adalah Nelayan alias Melaut secara tradisional, Maka itu bila terdengar kabar berita ada warga kami yang sampai ke negeri ziran malaysia mencari ikan  dan akhirnya ada yang  tertangkap polisi Dirajah malaysia tentu ada sebab musababnya." Jelas Kades melalui pembicaraan wa.


    Lanjut Pak Kades lagi,,,,"Izin Bang kami sendiri selaku pihak pemerintahan desa sangat menyesalkan terjadi hal tertangkapnya Nelayan yang ada  juga warga kami,namun  yang menjadi permasalahan pokoknya adalah kenapa dan mengapa Para Nelayan Tradisional itu harus jauhnya ke laut negeri Ziran cari ikan....?


    Hal ini bagi kami pemerintahan desa Paluh sibaji penyebab tak lain adalah karena tidak ada lagi Rumah Ikan atau biasa kami sebut " Rumpon Ikan " diperairan laut lepas pantai diwilayah kami bang ,Sehingga  para nelayan pun harus jauh Jauhnya mencari Rumpon Ikan untuk dapat menemukan Rumpon  ikan- ikan yang pada akhirnya bisa mereka  tangkap dan bawa pulang kerumah untuk di jual demi makan anak dan istrinya dirumah Bang...." Ungkap Kades yang biasa dipanggil Aci ini.


    Ternyata setelah panjang lebar diceritakan Pak Kades kepada awak media bahwa pada dasarnya Rumpon ikan tempat para spesies ikan- ikan berkembang dan bermain diperairan laut telah sulit ditemukan diperairan lepas pantai wilayah laut pantai Labu diduga semakin banyak kapal-kapal ikan besar memakai Katrol dan alat -alat.Canggih pada saat menangkap ikan diperairan laut hingga diduga lingkungan Rumpon ikanpun sudah menjadi rusak dan tak mudah ditemukan lagi.


    Menurut Aci selaku  kepala desa yang perduli kepada Nasib warganya ,Pemdes Paluh sibaji bermaksud untuk mengadakan pengembangan dan pembuatan Rumpon Ikan diperairan laut sekitar wilayah pantai Labu sekitarnya guna mengantisipasi para nelayan lainnya agar tidak lagi mencari ikan diperairan laut negeri Ziran.


    "Melihat  situasi rumpon laut yang sudah mulai sulit ditemukan  diperairan laut kawasan pantai Labu ,maka kami pemerintahan desa bermaksud hendak mengadakan pengembangan pembuatan Rumpon Ikan diperairan laut pantai labu agar kelak ikan-ikan laut mendapatkan lokasi pengembangan pertumbuhannya dan dengan adanya Rumpon-Rumpon laut yang baru kami yakin para nelayan  bisa mendapatkan Ikan dengan mudah tanpa harus mencari ikan kenegeri Ziran." Paparnya.


    "AYOOO kita lakukan pengembangan pembuatan Rumpon Ikan ,agar Ikan diperairan laut kita banyak dan berkembang jumlahnya jadi tak payahlah kita  harus mengambil Ikan diperairan laut negeri Ziran... "Himbauan Aci kepada masyarakatnya.


    Kalau pengembangan pembuatan Rumpon ikan ini tidak dilakukan diduga akan tetap terjadi para nelayan mencari nafkah ke perairan laut negeri Ziran Malaysia dan akhirnya mereka ditangkap polisi Dirajah malaysia lalu ditahan dalam beberapa waktu lamanya.


    Belum lagi perahunya ditahan ,hal ini akan berefek samping  kepada anak istrinya  dikampung halaman yang harus diberi makan dan anaknya pun haruslah bersekolah, dan bila para nelayan yang tertangkap itu harus berlama menjalani proses hukumnya dikhawatirkan  kehidupan  anak istrinya  dikampung pasti mengalami kesulitan ekonomi dan anaknya pun bisa jadi tak bersekolah lagi lantaran ayahnya sebagai tulang punggung keluarga tidak lagi membiayai hidup keluarganya karena terhukum dinegeri Ziran malaysia.


    Aci juga mengharapkan peran serta pemerintah dalam hal ini dimas perikanan dan kelautan Kabupaten Deli Serdang, guna mendukung program desa Paluh sibaji dalam mengadakan pengembangan pembuatan Rumpon Ikan diperairan laut sekitar wilayah pantai Labu dan Pak Nasri selaku Kepala desa yakin warganya akan siap dan mau  dibina untuk bersama-sama pemerintahan desa mengembangkan potensi baru pembuatan Rumpon Ikan diperairan desa paluh sibaji.( Ds / red)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Kades Paluh Sibaji "Ayo kembangkan Rumpon Ikan " sebagai solusi Mencegah para nelayan menangkap Ikan diperairan laut negeri Ziran,,,

    Terkini